Soko Berita

Kunci Utama UMKM Bisa Berkembang, Ini Strategi Tingkatkan Brand Awareness Budget Hemat

Pelaku UMKM perlu meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek agar semakin dikenal banyak konsumen. Sebab brand awareness jadi kunci utama UMKM berkembang

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
05 Maret 2025

Ilustrasi seorang perempuan pelaku UMKM sedang merancang strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness mereknya. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Membangun brand awareness atau kesadaran merek ini jadi kunci utama untuk UMKM bisa bertahan dan berkembang.

Di tengah era digital yang serba cepat ini, brand awareness merupakan seberapa baik pelanggan mengenal, dan mengingat merek Anda.

Semakin tinggi brand awareness, semakin besar peluang Anda untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

Namun, untuk membangun brand awareness bukanlah perkara mudah, terutama untuk UMKM dengan anggaran terbatas.

Akan tetapi jangan khawatir, pelaku UMKM bisa melakukan strategi kreatif dan efektif yang bisa diterapkan untuk tingkatkan brand awareness dengan budget minim.

1. Maksimalkan Jangkauan Media Sosial

Media sosial bisa dianggap sebagai medan perang utama dalam dunia pemasaran digital. Dengan miliaran pengguna aktif setiap harinya, platform seperti Instagram, Facebook, hingga TikTok menawarkan peluang besar untuk UMKM menjangkau target pasar mereka.

- Pilih platform yang tepat
- Ciptakan konten visual yang menarik
- Manfaatkan influencer mikro

2. Ciptakan Viralitas

Ajak pelanggan berinteraksi langsung dengan merek Anda melalui tantangan atau giveaway yang menarik.

- Buat tantangan yang mudah diikuti dan relevan dengan merek Anda.
- Tawarkan hadiah menarik sebagai imbalan atas partisipasi pelanggan.

3. Kemasan Produk Unik

Kemasan bukan hanya pelindung produk, akan tetapi bisa jadi media promosi yang efektif. Jadi buatlah kemasan produk yang unik.

- Desain Eye-Catching
- Ramah Lingkungan

4. Kolaborasi dengan UMKM Lain

Bergabung dengan kekuatan lain untuk memperluas jangkauan merek Anda. Misalnya, bundling produk, tawarkan paket produk gabungan dengan merek lain dengan target pasar serupa.

5. Hadiri Acara atau Pameran Lokal

Berinteraksi langsung dengan pelanggan potensial di acara atau pameran. Buat booth yang menarik, lalu tawarkan diskon atau sampel gratis kepada pengunjung booth Anda.