Soko Kreatif

Wujudkan Indonesia Emas 2045 Generasi Muda Didorong Berinovasi Ciptakan Produk Kreatif

Generasi muda mampu menciptakan inovasi-inovasi termasuk produk-produk kreatif yang akan menambah peluang desa wisata untuk mencapai kemakmuran.
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
19 Februari 2024
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir dalam acara 'Sandiaga Uno Economic Vision for Indonesia' Job Creation and Affordability For All di School of Government and Public Policy (SGPP), Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (18/2). Dok. Kemenparekraf.

KERJA mudah dan harga murah menjadi isu utama yang disampaikan masyarakat di lebih dari 2.000 titik kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/KaBaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ke pelosok Nusantara.

 

"Itu yang menjadi keluhan, jadi fokus dari visi saya untuk Indonesia pada 2024 adalah kerja mudah, harga murah. Dan dengan ekonomi yang fokus kepada ekonomi hijau, di mana ekonomi ini memberdayakan UMKM lewat kewirausahaan, maka kita akan mampu mencapai pertumbuhan yang dibutuhkan," ujarnya saat hadir di Sandiaga Uno Economic Vision for Indonesia' Job Creation and Affordability For All di School of Government and Public Policy (SGPP), Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (18/2). 

 

Menparekraf menjelaskan hal itu dalam menyampaikan visinya untuk ekonomi menuju Indonesia Emas 2045. Ia juga menjelaskan visi ekonomi tentang penciptaan lapangan kerja, kerja mudah, dan menjaga stabilitas harga-harga, sehingga harga-harga murah itu bisa dicapai. Dan itulah yang akan pihaknya fokuskan ke depan.

 

Baca juga: 72% Anak Muda Ingin Jadi Pebisnis, Dunia Kampus Didorong Lahirkan Entrepreneur

 

"Dan ternyata memang pemikiran ekonomi kita yang dibutuhkan sekarang adalah ekonomi yang sehari-hari dibutuhkan oleh masyarakat, apa itu? Lapangan kerja dan harga-harga yang terjangkau," imbuhnya lagi.

 

Untuk itu Sandiaga mendorong generasi muda terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk kreatif sehingga mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

 

“Tadi kita bertukar pikiran secara komprehensif terkait bagaimana membangun Indonesia ke depan untuk menggapai Indonesia Emas 2045 melalui kebijakan kepada ekonomi hijau. Generasi muda mampu menciptakan inovasi-inovasi termasuk produk-produk kreatif yang akan menambah peluang desa wisata untuk mencapai kemakmuran,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut hadir pula, CEO SGPP Indonesia Ony Jamhari dah Ketua SGPP Indonesia Safendrri Komara Ragamustari serta Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Agustini Rahayu. (SG-1)