Soko Kreatif

Wow! Booth Jakarta Kalahkan Banyak Negara di Korea, Menang Best Content Award!

Jakarta mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional! Paviliun Enjoy Jakarta meraih Best Booth Content Award di SITF 2025. Ini rahasia suksesnya!

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
09 Juni 2025
<p>Pada ajang Seoul International Travel Fair (SITF) 2025 di Seoul, Korea Selatan, Paviliun Enjoy Jakarta berhasil meraih Best Booth Content Award, (Dok.Pemprov DKI Jakarta)</p>

Pada ajang Seoul International Travel Fair (SITF) 2025 di Seoul, Korea Selatan, Paviliun Enjoy Jakarta berhasil meraih Best Booth Content Award, (Dok.Pemprov DKI Jakarta)

SOKOGURU, SEOUL, KOREA SELATAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menorehkan prestasi gemilang di panggung internasional. 

Pada ajang Seoul International Travel Fair (SITF) 2025, Paviliun Enjoy Jakarta berhasil meraih Best Booth Content Award, sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan langsung oleh Chairman dan CEO Korean Travel Fair (KOTFA), Minggu (8/6), di COEX Exhibition Center, Seoul, Korea Selatan.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Pusat, Wiwik Satriani, yang mewakili tim Pemprov DKI Jakarta. 

Baca juga: Jakarta Kembali Temukan Kasus Covid-19, Masker Bakal Wajib Lagi?

Kemenangan ini menjadi bukti konkret bahwa Jakarta semakin diperhitungkan sebagai destinasi wisata dunia, termasuk bagi pasar wisatawan asal Korea Selatan.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, menjelaskan bahwa partisipasi Jakarta dalam SITF 2025 didukung oleh kerja sama dengan KBRI Seoul, PHRI, Jakarta Hotel Association (JHA), serta PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia). 

Paviliun ‘Enjoy Jakarta’ Tampilkan Nuansa Khas

Paviliun "Enjoy Jakarta" sendiri berdiri megah di Hall C Booth C02, menampilkan nuansa khas menyambut Lima Abad Kota Jakarta.

"Pasar wisatawan Korea Selatan menempati posisi ke-5 dengan lebih dari 42.800 kunjungan ke Indonesia,” jelas Andhika. 

Baca juga: Jakarta Siap Gratiskan Sekolah Swasta! Gubernur Pramono Anung Tindak Lanjut Putusan MK

“Dengan ikut serta dalam SITF 2025, kami ingin meningkatkan angka kunjungan tersebut melalui promosi destinasi, budaya, dan atraksi unik Jakarta," ujar Andhika, Senin (9/6).

Paviliun ini menghadirkan tujuh pelaku industri pariwisata ternama, mulai dari Hotel Fairmont, Gran Melia, Pullman Central Park, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Aquarium, hingga kawasan wisata PIK, yang seluruhnya mempromosikan sisi eksklusif, rekreasi, dan gaya hidup Jakarta.

SITF Jadi Momentum Emas Kenalkan Kekayaan Jakarta 

Menurut Lucky Wulandari, Ketua Subkelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Parekraf DKI, ajang SITF merupakan momentum emas untuk memperkenalkan kekayaan Jakarta dari berbagai sisi: 

Baca juga: Hadiah Rp5 Juta! DKI Jakarta Ajak Warga Ikut Eco Qurban Challenge, Begini Caranya

"Bukan hanya destinasi fisik, tapi juga pengalaman tematik seperti Jakarta Aquarium hingga daya tarik PIK yang sangat diminati wisatawan Korea."

Sementara itu, Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, menambahkan bahwa Jakarta juga menampilkan Abang None sebagai duta pariwisata untuk memperkenalkan budaya lokal. 

Pengunjung pun dimanjakan dengan souvenir eksklusif JeKaTe dan ikon karakter lokal kekayaan intelektual Jakarta, yang banyak diburu oleh pengunjung dari berbagai kalangan.

"Jakarta kini hadir sebagai destinasi lengkap. Kami tidak hanya menjual tempat, tetapi juga pengalaman, budaya, dan identitas," ungkap Sherly.

Tak hanya pameran dan promosi, SITF 2025 juga menjadi ajang kerja sama strategis. 

Telah dilakukan penandatanganan MoU antara PHRI dan Korea Halal CO., Ltd., untuk mendorong pengembangan dan kolaborasi sektor pariwisata halal antara Indonesia dan Korea Selatan. (*)