KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) berkomitmen mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) berorientasi ekspor dan pelaku industri kreatif.
Pelaku industri kreatif yang meliputi sektor Animasi, Komik dan Gim (Animation, Comic, and Game atau ACG) serta Licensing-Merchandising didorong memasuki pasar internasional.
Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, Kemendag menandatangani dua kesepakatan kerja sama (MoU) dengan beberapa mitra di Jakarta, sebagaimana dilansir situs Kemenadag, Senin (20/5).
Baca juga: Sambangi Kota Solo, 'Berani Jadi Beda Festival' Ajak Anak Muda Eksplorasi Kreativitas
Penandatanganan Mou dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Didi Sumedi dengan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk., Riza Deliansyah dan pimpinan dari Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno; pimpinan Asosiasi Komik Indonesia (AKSI), Sunny Go; Chairman Cipta Karsa Adi Karya (CAKRA), Ivan Chen; pimpinan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), Daryl Wilson; serta pimpinan Asosiasi of Licensing Merchandising Indonesia (ALMI), Handari Kunti.
Buka Peluang Ekspor Produk UKM Binaan
Didi mengungkapkan, sinergi antara perwakilan pemerintah dengan para mitra dilakukan dalam rangka membuka peluang pengembangan ekspor bagi para pelaku UKM binaan di berbagai sektor.
Hal ini termasuk sektor yang bergerak di bidang industri kreatif, khususnya ACG serta Licensing-Merchandising dari seluruh wilayah Indonesia.
Baca juga: Bangkitkan Pariwisata dan Peduli Lingkugan, Kota Cirebon Gelar Lomba Fashion Carnival
Dalam implementasinya, kesepakatan kerja sama ini akan mencakup berbagai kegiatan, yaitu penyebarluasan informasi ekspor kepada UKM yang menjadi binaan maupun anggota dari masing-masing mitra dan penguatan basis data.
Selain itu juga peningkatan daya saing produk, peningkatan akses pasar, penyediaan infrastruktur bisnis, termasuk pemanfaatan para perwakilan perdagangan di luar negeri, dan fasilitasi promosi.
Ditjen PEN Kemendag dan para mitra akan menyinergikan dan memanfaatkan kemampuan sumber daya dalam melaksanakan pembinaan pelaku UKM berorientasi ekspor.
Langkah ini bertujuan memperkuat sektor UKM, mendorong peningkatan ekonomi nasional, serta menciptakan lingkungan usaha yang inklusif dan berkelanjutan bagi pelaku UKM di dalam negeri.
Dalam meningkatkan kapasitas pelaku usaha ekspor, Kemendag telah melakukan beberapa kegiatan yang berfokus pada UKM, di antaranya melalui kegiatan pendampingan pelaku usaha dalam kegiatan ekspor maupun adaptasi produk, serta peningkatan daya saing melalui desain dan sertifikasi.
Baca juga: Tokoh Animasi ‘Pikachu’ Turut Promosikan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia
Dalam upaya mendorong perluasan pasar ekspor UKM, termasuk dari sektor kreatif, Kemendag juga melakukan berbagai agenda promosi ekspor, di antaranya melalui fasilitasi keikutsertaan pada pameran dagang internasional, misi dagang, dan penjajakan bisnis (business matching). (SG-2)