Soko Kreatif

Hadirkan Pikachu Jet GA-2 Bernuansa Batik, Garuda Indonesia Promosikan Budaya Nusantara ke Dunia

Pikachu Jet GA-2 bagian dari kolaborasi dalam program Pokémon Air Adventures, yang bertujuan meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia di mata dunia.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
03 April 2025

Dok. Garuda Indonesia

SOKOGURU, Jakarta- Dalam upaya mempromosikan budaya Indonesia ke tingkat global, Garuda Indonesia bersama The Pokémon Company resmi luncurkan Pikachu Jet GA-2.

Pesawat Airbus A330-300 dengan nomor registrasi PK-GPY itu  mengudara perdana pada Selasa (1/4) dalam penerbangan GA402 rute Jakarta-Denpasar.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Susardi, menyampaikan hal itu dalam siaran resmi Kementerian BUMN, Kamis (3/4).

Livery tematik itu, lanjutnya, mengombinasikan karakter ikonik Pikachu dengan motif batik khas Indonesia, menciptakan pengalaman penerbangan yang unik bagi penggemar Pokémon dan penumpang Garuda Indonesia.

“Pikachu Jet GA-2 merupakan bagian dari kolaborasi dalam program Pokémon Air Adventures, yang bertujuan meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia di mata dunia,” ujar Ade.

Baca juga: Garuda Indonesia Rekrut Fresh Graduate, Eks Pramugari Teriak "Kami Masih Layak!"

Pesawat dengan desain khas tersebut akan melayani berbagai rute domestik dan internasional, melengkapi Pikachu Jet GA-1 yang sebelumnya diperkenalkan pada awal 2024 menggunakan armada B737-800NG.

Kehadiran desain itu tidak hanya memperkuat promosi budaya nasional, tetapi juga memberikan pengalaman terbang yang lebih menarik bagi pelanggan Garuda Indonesia.

Menurut Ade, inisiatif itu merupakan bentuk komitmen maskapai dalam mengangkat warisan budaya Indonesia.

“Kami sangat antusias menghadirkan Pikachu Jet GA-2 sebagai bagian dari upaya kami untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia ke panggung dunia dengan mengombinasikan Pokémon yang sangat digemari dengan elemen batik,” imbuhnya.

Batik, sambung Ade, merupakan  warisan budaya nasional yang turut dikenal sebagai 'A Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity by UNESCO'.

"Kami berharap inisiatif ini dapat memberikan pengalaman baru bagi penumpang khususnya dalam menghadirkan pengalaman penerbangan berbeda yang sekaligus juga memperkenalkan keindahan budaya Indonesia kepada dunia mengingat armada Airbus A330-300 ini mayoritas digunakan untuk melayani rute-rute internasional,” jelas Ade.

Baca juga: Lewat Proyek Garuda, Bank Indonesia Rampungkan Proof of Concept Rupiah Digital

Sementara itu, Corporate Officer The Pokémon Company, Susumu Fukunaga, juga menyampaikan rasa antusiasnya terhadap kolaborasi itu.

"Kami sangat senang dapat meluncurkan Pikachu Jet kedua kami dengan Garuda Indonesia Airlines. Visi group The Pokémon Company adalah Menghubungkan dunia dengan Pokémon," ujarnya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, sambungnya, pihaknya akan sangat senang jika Pikachu Jet ini menjadi kesempatan bagi dunia untuk mengetahui lebih banyak tentang atraksi-atraksi yang ada di Indonesia dan bagi masyarakat Indonesia untuk bertemu dengan berbagai hal yang menarik dan mendebarkan dari seluruh dunia.

Untuk semakin memperkuat pengalaman bertemakan Pokémon, Pikachu Jet GA-2 akan dilengkapi dengan berbagai inflight materials bernuansa Pokémon.

Mulai dari headrest, paper cup, cutlery, lavatory sticker, hingga headrack sticker, semuanya dirancang untuk memberikan suasana yang lebih menyenangkan selama penerbangan.

Selain itu, keberadaan Pikachu Jet GA-2 juga diharapkan dapat menambah keseruan dalam menyambut musim liburan Lebaran, terutama bagi keluarga dan anak-anak yang ingin menikmati pengalaman terbang yang berbeda.

 

Peluang kerja sama brand global

Lebih lanjut, Ade juga menambahkan, kolaborasi Garuda dengan The Pokémon Company juga membuka peluang bagi Garuda Indonesia untuk bekerja sama dengan lebih banyak brand global.

Baca juga: Miliki Kesamaan Semangat, Garuda Indonesia-KWI Jajaki Kerja Sama Community Privilege

Dengan kolaborasi strategis bersama brand unggulan berskala global, ujarnya lagi, Garuda Indonesia akan makin banyak berkolaborasi bersama brand-brand unggulan lain.

"Kiranya hal tersebut akan makin menumbuhkan antusiasme masyarakat dalam mengeksplorasi berbagai destinasi penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia yang tentunya kami harapkan akan berdampak positif dalam pertumbuhan pariwisata nasional,” tutup Ade. (SG-1)