Soko Kreatif

Beri Pengalaman Mudik Menyenangkan, Kemenekraf-PT KAI Luncurkan Karakter Komik Lokal

PT KAI menyajikan customer experience unik dan menyenangkan di setiap stasiun, sesuai tagline mudik tahun ini, yaitu ’Kereta Melaju, Rindu Menggebu’.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
15 Maret 2025

Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo, meluncurkan branding tematik Karakter Komik Lokal pada stasiun dan gerbong kereta secara serentak, di Stasiun Gambir, Jumat (14/3). (Dok. Kemenekraf)

SOKOGURU, Jakarta- Pada momentum Ramadan dan mudik lebaran 2025, Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenekraf/Bekraf) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), meluncurkan branding tematik Karakter Komik Lokal pada stasiun dan gerbong kereta secara serentak. 

Peluncuran dilakukan oleh Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya bersama Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, di Stasiun Gambir, Jumat (14/3). 

Adapun Karakter Komik Lokal yang diluncurkan dengan menghadirkan Karakter Komik (IP Lokal) Si Bedil, Tuti & Friends, dan ‘Ga Jelas’. Karakter komik tersebut diharapkan dapat memberikan experience mudik dengan suasana baru yang menyenangkan.

Baca juga: ‘Jumbo’ Siap Tayang Saat Lebaran dan di 17 Negara, Bukti Karya RI Tembus Pasar Global

“Gagasan yang diinisiasi oleh Kemenko Infrastruktur kepada Kemenekraf. Kami akan terus memfasilitasi para kreator untuk dapat semakin tampil dan dikenal melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk kerja sama dengan KAI,” ujar Menekraf Riefky dalam siaran resmi Kemenekraf, Sabtu (15/3). 

Pemerintah, sambungnya,  meyakini bahwa Industri kreatif dapat menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi generasi muda sekaligus berkontribusi terhadap target pertumbuhan ekonomi 8%.

Sebelumnya, Kemenekraf telah berkolaborasi melalui aktivasi game corner di Bandara Soekarno-Hatta, kolaborasi IP Webcomic Tahilalats dengan Garuda Indonesia, dan IP animasi wayang Desa Timun di TMII. 

Sedangkan  aktivasi selanjutnya pada Terminal dan Pelabuhan masih

dalam tahap koordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Minat Mudik Gratis Idul Fitri, Kemenhub Sediakan 48.867 Tiket Gratis Kapal Laut

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menyampaikan apresiasi atas kerja sama ‘sat-set’ bersama Kemenekraf yang merupakan penanda bahwa pihaknya akan terus beradaptasi dan berinovasi dengan kolaborasi kreatif seperti ini. 

“Kami akan menyajikan customer experience yang unik dan menyenangkan dari satu titik ke titik stasiun lain, sesuai dengan tagline mudik tahun ini, yaitu ’Kereta Melaju, Rindu Menggebu’. Semoga kerjasama ini dapat bangkitkan ekonomi kreatif sekaligus mendukung ekosistem transportasi di Indonesia yang lebih berdaya saing,” ungkapnya.

Untuk tahap pertama, lanjut Didiek,  branding IP karakter Komik Lokal tersebut akan dilakukan serentak di 11 stasiun yakni di Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang Bank Jateng, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember. Dan pada 5 rute kereta yakni Jakarta-Surabaya, Bandung-Surabaya, Jakarta-Malang, Jakarta-Banyuwangi, dan Jakarta-Jogjakarta.

Baca juga: Kemenag Optimalkan Peran Masjid sebagai Posko Lebaran untuk Lancarkan Arus Mudik

Turut hadir pada acara tersebut, Wamenekraf Irene Umar, Kreator Si Bedil Seto Buje, Kreator ‘Ga Jelas’ Jasmine H. Surkatty, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Asdep Konektivitas Kemenko Infrastruktur Liz Zeny, serta Perwakilan Publishing; Elex Media Komputindo dan Pionicon. (SG-1)