Humaniora

Customer Relationship Strategi Efektif Membangun Bisnis

Salah satu manfaat utama dari Customer Relationship Management  (CRM)  adalah memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan produk dan layanan mereka sesuai kebutuhan pelanggan. 
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
29 Mei 2024
Dok. STIE Kasih Bangsa

SEBAGAI perguruan tinggi  di bidang ekonomi,  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kasih Bangsa siap berkompetisi dan memiliki daya saing  di tingkat lokal, nasional serta global.

 

Untuk itu, kampus yang khusus menyelenggarakan beasiswa prestasi di program studi akuntansi dan manajemen  ini rutin mengadakan webinar bertemakan seputar bisnis dan wirausaha.


Menurut  dosen Program Studi Manajemen STIE Kasih Bangsa, Cahyatih Kumandang SE, MM, kegiatan webinar tersebut untuk  membuka wawasan peserta tentang bisnis yang sukses.

 

Baca juga: Tekan Angka Pengangguran Perbanyak Generasi Muda Berwirausaha

 

Ia pun memberi salah satu contoh kegiatan webinar beberapa waktu silam yakni webinar nasional dengan tema Customer Relationship to Build Business.

 

“Waktu itu kita menghadirkan dua pembicara handal di bidangnya, yakni CEO dan Founder Celosia Etnik Women will Facilitator, Valeria Nisatama. Kemudian  Founder Bright Talk Id, Anggun Kurniasari,” ujar Cahyatih, kepada Sokoguru, Rabu (29/5).


Pada webinar yang diselenggarakan secaraa zoom meeting tersebut, lanjut Cahyatih yang menjadi opening speech, diikuti 350 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. 

 

Di webinar, tutur Cahyatih, pembicara Anggun menyampaikan materi terkait Customer Relationship Management (CRM) atau Manajemen Hubungan Pelanggan.

 

Menurut  Anggun CRM melibatkan pengumpulan data pelanggan dan analisis informasi yang terkait dengan preferensi dan perilaku pelanggan. 

 

“Dengan informasi itu, bisnis dapat membuat strategi yang lebih efektif dalam membangun hubungan dengan pelanggan.  Dengan menggunakan solusi perangkat lunak CRM, bisnis dapat mengotomatisasi proses bisnis mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka,” ujarnya. 

 

Sementara  itu Valeria menyampaikan salah satu manfaat utama dari CRM  adalah memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan produk dan layanan mereka sesuai kebutuhan pelanggan. 

 

“Bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dengan menawarkan produk dan layanan yang lebih relevan setelah memahami preferensi dan perilaku pelanggan,” ujarnya. 

 

CRM merupakan strategi untuk membangun dan mempertahankan bisnis serta pelanggan dalam jangka panjang.  CRM mendukung perusahaan untuk memahami kebutuhan dari pelanggan dan bagaimana caranya untuk meningkatkan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan tersebut untuk peningkatan laba perusahaan. (SG-1)