Ekonomi

Produk Unggulan UMKM Kota Bandung Unjuk Gigi di HUT ke-44 Dekranas, Surakarta

Ketua Harian Dekranasda Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin mengungkapkan, animo pengunjung sangat tinggi. Terbukti, hari kemarin omzet mencapai Rp26 juta.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
17 Mei 2024
Sejumlah produk unggulan UMKM dari Kota Bandung menyemarakkan pameran HUT ke-44 Dekranas di Pamedan Mengkunegaran, Surakarta, Kamis (16/5). (Ist/Pemkot Bandung)

DALAM rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), sejumlah produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Kota Bandung menyemarakkan pameran di Pamedan Mengkunegaran, Surakarta, Kamis 16 Mei 2024.


Produk unggulan UMKM yang merupakaan binaan Dekranasda Kota Bandung tersebut yaitu Pala Nusantara, Maraya Scarf, dan Olla on Ethnic.

 

"Ini sangat luar biasa, para pelaku usaha yang terkurasi ikut pameran," kata Ketua Umum Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah di Pamedan Mangkunegaran, Surakarta, sebagaimana dilansir situs Pemkot, Bandung, Kamis (16/5).

 

Baca juga: Pemkot Bandung Siap Genjot Potensi UMKM Sentra Rajut Binong

 

"Dekranasda Kota Bandung bersyukur bisa menjadi bagian dari pameran ini dalam rangka HUT ke-44 Dekranas," jelas Linda.

 

Dorong Pelaku UMKM Giat Pasarkan Produk   

 

Menurutnya, kegiatan ini menjadi dorongan bagi para pelaku UMKM untuk lebih giat dalam memasarkan produknya. Sehingga bisa mengikuti di ajang tingkat yang lebih tinggi.

 

"Ini menjadi pemantik semangat bagi para pelaku UMKM lainnya. Tentunya untuk hadir di sini (produk) harus punya kelas daya saing premium," beber Linda.

 

 

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin mengungkapkan, animo pengunjung sangat tinggi. Terbukti, hari kemarin omzet mencapai Rp26 juta.

 

"Kami monitor melihat animo pengunjung cukup luar biasa. Satu hari kemarin, hampir mencapai Rp26 juta. Alhamdulilah, kami bawa pelaku UMKM hasil binaan dalam rangka untuk meningkatkan daya saing," bebernya.

 

Baca juga: Tips agar Pelaku UMKM Bisa Ekspor Produknya ke Mancanegara

 

Di tempat yang sama, pemilik Maraya Scarf, Neneng Sriwahyuni bersyukur produknya bisa mengikuti ajang bergengsi tersebut.

 

"Perasaan bangga karena di sini hadir dari seluruh Indonesia. Untuk hadir ke sini pun dikurasi oleh Dekranasda," ujarnya.

 

"Produk UMKM Kota Bandung mampu bersaing. Jadi untuk maju itu butuh kerja keras, sehingga menjadi binaan (Dekranasda) itu sangat berguna sekali. Kita mendapatkan bimbingan sehingga bisa ikut dalam beberapa kegiatan seperti bazar dan pameran yang memajukan brand," ungkapnya.

 

Pada kegiatan HUT ke-44 Dekranas terdapat beberapa kegiatan mulai dari forum, pameran dan workshop.

 

Baca juga: Delapan Tips Pengembangan UMKM untuk Menangi Persaingan

 

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut mempromosikan kerajinan Indonesia untuk mengembangkan usahanya.

 

Selain itu, membangun sinergi antara pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerajinan nasional di tiap daerah. (SG-2)