UNTUK memfasilitasi usaha kecil dan menengah (UKM) agar mampu memaksimalkan whatsapp sebagai platform sales yang efektif dan efisien dalam menjangkau konsumen, Everpro dan Meta menggelar Conversation Summit, di The House Convention Hall, Kota Bandung, Rabu (28/8).
Perhelatan itu mempertemukan ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan para ahli bisnis. Mereka diberikan pelatihan mengenai whatsapp sebagai solusi social commerce yang memberikan banyak keuntungan, khususnya dalam kemandirian data dan traffic, sehingga pelaku UMKM bisa terus menerus in touch dengan konsumen.
Vice President of Strategy & Business Operations Evermos, Azlan Indra dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut ditujukan untuk memfasilitasi UKM agar mampu memaksimalkan whatsapp sebagai platform sales yang efektif dan efisien dalam menjangkau konsumen.
Baca juga: Tips Memasarkan Produk UMKM melalui Marketplace
“Dalam acara ini juga nanti kami akan meluncurkan Everpro Chat sebuah aplikasi Social Commerce yang dapat menjadi solusi bagi UKM untuk mandiri dan naik kelas,” ujarnya.
Tak hanya itu, dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara tersebut, ia menjelaskan bahwa Everpro menghadirkan berbagai layanan seperti pengiriman (shipping) yang bekerja sama dengan lebih dari 15 layanan ekspedisi ke seluruh Indonesia, bantuan iklan melalui Facebook & Google Ads Account Support, jasa optimasi toko lokapasar (marketplace), dan layanan penyedia produk-produk terkurasi yang sudah teruji untuk penjualan melalui kanal online.
“Everpro telah menjadi rumah bagi 25.000 reseller di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam hal teknlogi dan bisnis di Indonesia. Semoga, ke depan kami mampu menjadi katalisator antarstakeholder di Indonesia untuk maju,” ujarnya.
Baca juga: Marketplace PaDi UMKM Siap Dukung UMKM Jangkau Pasar 'Business to Business' (B2B)
Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President Marketing JNE, Eri Palgunadi menyampaikan bahwa sebagai mitra Everpro pihaknya berkomitmen untuk mendukung UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional melalui logistik.
“Jangan bandingkan kami dengan Instanbul dan AS, itu sulit. Kita seperti Filipina yang mesti menghubungkan dari pulau ke pulau, meskipun untuk menghubungkan timur itu sulitnya luar biasa. Namun, akan kami upayakan. Dan saya percaya bahwa potensi dari sektor informal ini memberikan kesempatan besar bagi kita,” jelasnya.
Masih dalam rangkaian yang sama, Evermos dengan PT Penanaman Modal Madani melakukan penandatanganan MoU kerja sama yang ditujukan memfasilitasi evermos community untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka. Hal tersebut, merupakan komitmen Evermos untuk terus berdampak pada pelaku UMKM dan membuatnya semakin naik kelas.
Tentang Everpro
Everpro, sebuah platform yang berafiliasi dengan Evermos, hadir sebagai solusi inovatif untuk mendukung UMKM dalam mengatasi tantangan bisnis.
Diluncurkan pada Februari 2022, Everpro menawarkan berbagai layanan, termasuk pengiriman barang melalui kemitraan dengan lebih dari 15 ekspedisi di seluruh Indonesia, dukungan iklan melalui akun Facebook dan Google Ads, optimasi toko online di marketplace, serta penyediaan produk-produk terkurasi yang siap dijual secara online.
Sejak berdiri, Everpro telah memberdayakan lebih dari 8.000 reseller dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Mereka juga tergabung dalam Komunitas Belajar Everpro, sebuah wadah yang memfasilitasi pembelajaran dan jaringan relasi bisnis. Layanan-layanan dari Everpro dapat diakses melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau melalui situs web mereka di everpro.id. (Fajar Ramadan/SG-1)