PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali memperlihatkan komitmen kuatnya dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk merambah pasar global.
Melalui peran Bank Representative Saudi Arabia, BRI membawa lima produk unggulan UMKM alumni Brilianpreneur, yaitu Restu Mande, Arva, Matoh, Havilla Tea, dan Muniru Coffee, ke pameran bertajuk "Amazing Indonesia" yang berlangsung pada 26-28 September 2024 di Jeddah, Arab Saudi.
Event yang diadakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah ini menjadi pintu bagi produk UMKM Indonesia untuk menjangkau calon pembeli potensial di Arab Saudi.
Baca juga: Dirut BRI: Investasi Human Capital Jadi Kunci Indonesia Keluar dari Middle Income Trap
Diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari importir consumer goods asal Arab Saudi, BPKH Limited, Koperasi Amphura, Direktorat Jenderal Imigrasi, hingga perbankan Indonesia seperti BRI dan BSI, pameran ini menawarkan peluang besar bagi UMKM Indonesia.
Selama tiga hari pameran, booth BRI menjadi daya tarik bagi berbagai pembeli potensial, termasuk artisan coffee house dan asosiasi hotel di Arab Saudi.
Partisipasi ini juga merupakan bagian dari rangkaian Road to BRI UMKM Expo(RT) 2025, sebuah program lanjutan dari UMKM Expo(RT) BRILiapreneur yang semakin memperkuat langkah BRI sebagai bank yang konsisten mendukung UMKM untuk berkembang hingga ke pasar internasional.
Baca juga: Program Pengusaha Muda Brilian 2024, BRI Dukung Pertumbuhan UKM dan Wirausaha Muda
Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, menegaskan bahwa BRI UMKM Expo(RT) menjadi langkah strategis yang dihadirkan BRI untuk mempertemukan UMKM dengan buyer internasional.
“Program ini menjadi momentum penting, baik bagi UMKM yang telah menjadi mitra BRI maupun mereka yang tertarik untuk memperluas pasar, sehingga lebih siap bersaing di pasar global,” jelas Amam dalam keterangan pers, baru-baru ini.
Selain memberikan pembiayaan dan pendampingan bisnis, BRI juga aktif mendukung peningkatan literasi keuangan UMKM.
Hal ini bertujuan agar UMKM Indonesia semakin berdaya secara finansial dan siap untuk memperluas akses pasar.
Dengan kehadiran Bank Representative di berbagai negara, BRI aktif bekerja sama dengan KJRI dan ITPC untuk membantu UMKM membangun reputasi dan memperluas jaringan bisnis di mancanegara.
Baca juga: Berdayakan UMKM, BRI Sukses Dukung ‘Jelajah Kuliner Indonesia 2024’ di Sarinah, Jakarta
Program Road to BRI UMKM Expo(RT) 2025 ini juga bersinergi dengan BRI Microfinnce Outlook yang diadakan bersamaan untuk memperkuat ekosistem pemberdayaan UMKM secara berkelanjutan.
Harapannya, langkah ini dapat memberikan dampak luas bagi UMKM Indonesia, tidak hanya dari segi peningkatan penjualan, tetapi juga dalam memperkuat daya saing dan inklusivitas keuangan masyarakat.
Dengan dukungan dari berbagai pihak, BRI optimistis bahwa UMKM Indonesia akan semakin berdaya dan mampu menjadi kekuatan ekonomi di pasar internasional, membawa produk lokal unggulan menuju panggung global. (SG-2)