Soko Bisnis

Rahasia Bisnis Kuliner Maju: UMKM Wajib Kuasai Setiap Tahap Operasional

Ini 7 proses bisnis kuliner yang krusial untuk kesuksesan usaha Anda! Mulai dari perencanaan menu hingga pengembangan bisnis. Wajib dibaca calon pengusaha!

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
04 Mei 2025

Bisnis kuliner. Berikut ini proses membangun bisnis kuliner sukses yang wajib diketahui UMKM. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Memahami seluk beluk proses bisnis kuliner yang sukses perlu diketahui pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Bisnis kuliner yang sukses memang tidak bisa muncul begitu saja. Sebab, di balinya terdapat serangkaian tahapan bisnis yang dijalankan secara konsisten oleh seorang pengusaha.

Konsistensi ini perlu diterapkan mulai dari kreasi produk, interaksi dengan pelanggan, hingga penjualan yang efektif agar semakin meningkatkan penjualan.

Nah, bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk membangun usaha kuliner harus memahami setiap alur prosesnya, agar mendapat gambaran untuk persiapan yang dibutuhkan.

1. Merancang Menu yang Menggugah Selera

Membuat perencanaan menu merupakan sebagai proses awal yang sangat penting dalam membangun bisnis kuliner, tahap ini melibatkan:

- Analisis pasar: Tren makanan dan memahami selera yang sedang digandrungi konsumen sangat penting.

- Pengembangan menu.

- Uji coba resep.

- Penentuan harga dan porsi.

2. Mengamankan Pasokan Bahan Baku Berkualitas

Pengadaan bahan baku adalah proses memilih pemasok yang dapat menyediakan bahan-bahan berkualitas tinggi secara berkepanjangan, tahapan ini meliputi:

- Pemilihan supplier: Menjalin kerja sama dengan pemasok terpercaya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari sayuran, daging hingga bumbu.

- Pembelian bahan baku.

- Memeriksa kualitas bahan baku.

- Manajemen stok.

3. Mengolah Bahan Baku

Produksi adalah jantung dari bisnis, tempat bahan baku diubah menjadi hidangan siap santap dan istimewa, proses ini meliputi:

- Mempersiapkan bahan: Mencuci, memotong, dan menakar bahan sesuai dengan resep yang sudah ditentukan.

- Memasak.

- Pengemasan: Jika melayani take away atau delivery.

4. Melayani Pelanggan

Pelayanan pelanggan merupakan aspek krusial yang menentukan kepuasan konsumen. Dalam menjalankan usaha kuliner hal ini mencakup:

- Pelayanan di tempat.

- Layanan take away dan delivery.

- Manajemen meja: Mengatur reservasi dan penempatan pelanggan secara efektif, terutama saat jam sibuk untuk menghindari waktu menunggu yang lama.

5. Mengelola Keuangan dengan Cermat

Manajemen keuangan adalah proses mencatat seluruh transaksi penjualan dan pembelian, serta mengendalikan biaya operasional yang meliputi:

- Pencatatan transaksi.

- Pembuatan laporan keuangan.

- Perencanaan anggaran dan investasi.

6. Mempromosikan Bisnis secara Kreatif

Pemasaran dan promosi adalah kunci untuk menarik pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan setia. Strategi yang bisa diterapkan berikut ini.

- Memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga TikTok.

- Iklan online, baiknya yang berbayar agar bisa menjangkau target pasar lebih luas.

- Event khusus, mengadakan promo diskon.

- Program loyalitas, memberikan penghargaan kepada pelanggan setia.

- Pengumpulan umpan balik pelanggan.

7. Mengelola Sumber Daya Manusia

Pengelolaan sumber daya manusia melibatkan perekrutan, pelatihan, dan penjadwalan staf. Selain itu, diperlukan evaluasi kinerja untuk penilaian kerja kepada staf secara berkala untuk memastikan standar pelayanan terpenuhi. (*)