Soko Bisnis

Bangkitkan Ekonomi dan UMKM, Global Sources Indonesia Gelar Pameran B2B, B2C, B2G, Pendaftaran Gratis!

Global Sources Indonesia bukan hanya ajang sourcing, tetapi platform strategis untuk UMKM dan pelaku bisnis nasional agar tumbuh lebih efisien dan kompetitif.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
19 Juni 2025
<p>Dok. Global Sources Indonesia</p>

Dok. Global Sources Indonesia

SOKOGURU, JAKARTA- Di tengah tantangan ekonomi, para pelaku usaha khususnya distributor, importir, retailer, pemilik brand (jenama), hingga UMKM perlu dibantu agar mereka dapat meningkatkan efisiensi, keuntungan, dan daya saing. 

Untuk itu, Global Sources Indonesia (GSI) kembali mengadakan pameran strategis di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan, Jakarta, pada 25–27 September 2025.

Pendaftaran dibuka secara gratis dan dapat dilakukan melalui situs resmi Global Sources Indonesia.

Pada pameran untuk mendukung penguatan ekonomi nasional itu, GSI akan mempertemukan pengusaha lokal dengan supplier global terpercaya. Selain itu,  GSI turut memperkuat rantai pasok industri, mendorong pengembangan bisnis yang lebih luas, serta membukaa peluang besar untuk menciptakan lapangan kerja di Indonesia.

Baca juga: Rayakan 25 Tahun Inacraft: Pengunjung Torehkan Warna Alam pada Kain Sepanjang 25 meter

Demikian disampaikan President Director PT Adhouse Clarion Events (ACE), Toerangga Putra dalam keterangan tertulisnya kepada Sokoguru, Kamis, 19 Juni 2025.

Ia menegaskan GSI membawa dampak positif yang nyata bagi perekonomian nasional. 

“Saya yakin kehadiran Global Sources Indonesia akan membawa perubahan besar bagi langkah kemajuan Indonesia. Pameran ini bukan sekadar ajang bisnis, tapi juga menjadi jembatan penting yang membuka akses luas bagi pelaku usaha nasional untuk berkembang, mendukung arah kebijakan pemerintah, dan menciptakan peluang besar dalam memperkuat pondasi ekonomi Indonesia di masa depan,” ujarnya. 

Toerangga mengatakan GSI merupakan pameran dagang internasional yang dirancang untuk mendorong efisiensi dan pertumbuhan pelaku usaha Indonesia melalui akses langsung terhadap produk-produk berkualitas dengan harga kompetitif. 

Baca juga: Produk Plastik Indonesia Bukukan Transaksi Rp24 Miliar selama Tiga Hari Pameran di Taiwan

Pameran itu, sambungnya, memberikan kesempatan bagi para pelaku industri. Mulai dari pemilik bisnis, distributor, importir, retailer, pemilik brand hingga pebisnis pemula untuk menjalin kemitraan strategis dengan produsen dan supplier terpercaya dari  Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong.

“Dengan menghadirkan lebih dari 800 supplier terverifikasi dan lebih dari 140.000 sampel produk secara langsung, Global Sources Indonesia memungkinkan para pengusaha untuk melakukan proses pencarian barang (sourcing) secara lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya, tanpa perlu melakukan perjalanan ke luar negeri,” imbuhnya.

Dengan dibukanya akses impor secara lebih terbuka dan transparan, diharapkan pelaku usaha termasuk UMKM dapat mengakses bahan baku dan produk dengan lebih mudah dan murah, sehingga meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar global.

Baca juga: Inabuyer B2B2G 2025 Digelar Lagi 23-25 Juli, Targetkan Transaksi Rp2 Triliun

Tahun ini, kata Toerangga, GSI hadir dengan format lebih segar dan inovatif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, kategori Lifestyle diperluas dengan menghadirkan segmen terbaru yakni Fashion & Accessories, membuka peluang bisnis baru di industri mode yang tengah berkembang pesat. 

Selain itu, pameran tahun ini akan menghadirkan berbagai aktivasi menarik dan immersive, seperti VR Experience, Mini Basketball Arcade, demo produk langsung bersama influencer, yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung.

“Selain itu,  para pengunjung juga dapat mengikuti konferensi bisnis inspiratif yang menghadirkan pembicara berpengaruh dari sektor pemerintah dan industri yang berpengaruh besar terhadap bisnis,” tambahnya. 

“Pokoknya, forum tersebut akan membuka peluang kolaborasi nyata yang dapat mendorong pengembangan bisnis dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia.”

Mendukung UMKM

Dalam wawancaranya, Toerangga menambahkan, “Global Sources Indonesia bukan hanya ajang sourcing, tetapi merupakan platform strategis yang kami tujukan untuk mendukung UMKM dan pelaku bisnis nasional agar bisa tumbuh lebih efisien dan kompetitif.” 

Melalui pameran itu, ujarnya lagi, GSI ingin memastikan para pengusaha Indonesia, baik yang baru memulai maupun yang telah berkembang, dapat memiliki akses langsung ke sumber barang yang lebih terjangkau, komponen produksi yang dibutuhkan, hingga peluang investasi dan kemitraan global.

“Kami percaya, dengan memperkuat akses ini, pelaku usaha tidak hanya bisa meningkatkan daya saing di pasar lokal tetapi juga siap memasuki pasar internasional,” katanya. 

Inisiatif itu juga sejalan dengan arah kebijakan pemerintah dalam memperkuat rantai pasok, mendorong hilirisasi industri, serta memberdayakan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional. 

“Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar konsumsi. Kita harus menjadi pusat produksi, inovasi, dan kolaborasi dagang global. Segera daftarkan diri Anda secara gratis dan jadilah bagian dari transformasi bisnis Indonesia menuju kancah internasional,” tutupnya.

PT Adhouse Clarion Events (PT ACE) berdiri sebagai Penyelenggara Pameran Profesional di Indonesia, dan dikenal dalam penyelenggaraan acara B2B, B2C, dan B2G yang inovatif dan terdepan di industri  lebih dari 30 tahun.

PT ACE mengambil kekuatan dari akar yang mendalam di Indonesia sambil memanfaatkan jaringan global luas dari Clarion Events Group, yang terdiri dari 950 profesional dan tersebar di 14 kantor di seluruh dunia. (SG-1)