SOKOGURU, JAKARTA- Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2025, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyelenggarakan Aksi Konsumen Cerdas Indonesia di Anjungan Sarinah, Jakarta, Minggu, 20 April 2025.
Direktur Jenderal (Dirjen) PKTN, Moga Simatupang, mengatakan, selama 2024, pihaknya telah merilis Laporan Layanan Pengaduan Konsumen.
Dalam tahun itu terdapat 4.114 laporan konsumen yang masuk melalui berbagai saluran pengaduan konsumen yang tersedia. Berdasarkan parameter, sebanyak 98,8% konsumen mengadu berdasarkan parameter cara menjual.
Baca juga: Hari Konsumen Nasional 2025 Wujudkan Konsumen Cerdas Bertransaksi Digital
“Berdasarkan transaksi, terdapat 98,6% pengaduan konsumen berasal dari transaksi daring (online). Terdapat laporan produk yang dikirim tidak sesuai dengan di foto dan produk rusak. Oleh karena itu, diharapkan ini menjadi perhatian pelaku usaha, khususnya pada transaksi daring,” ujarnya saat mendampingi Menteri Perdagangan Budi Santoso yang membuka acara tersebut.
Lebih lanjut, ia mengungkapkan, konsumen yang cerdas adalah konsumen yang mengetahui hak-hak konsumen, khususnya dalam memilih dan mendapatkan barang yang dijanjikan penjual.
Untuk itu, imbuh Moga, Kemendag juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan indeks keberdayaan konsumen Indonesia. Langkah tersebut, yaitu meningkatkan efektivitas peran pemerintah melalui penguatan regulasi, melakukan sinergi dengan para pemangku kepentingan sebagai wujud kerja sama, meningkatkan edukasi kepada masyarakat agar lebih cerdas dalam berbelanja daring, serta meningkatkan keberdayaan konsumen melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi.
Baca juga: Sambut Hari Konsumen Nasional, KKP Ajak Masyarakat Pilih Produk Perikanan Berkualitas dan Aman
Selain itu, meningkatkan kepatuhan pelaku usaha terhadap regulasi perlindungan konsumen dengan melakukan pengawasan barang atau jasa yang beredar di pasar.
“Barang atau jasa yang beredar di pasar harus sesuai enam parameter produk, meliputi label, standar, cara menjual, iklan atau promosi, klausul baku, dan layanan purna jual. Pelaku usaha juga diharapkan dapat menyediakan layanan pengaduan konsumen yang mudah diakses,” jelas Moga.
Ia mengatakan, Kementerian Perdagangan memiliki beberapa media untuk pengaduan konsumen, salah satunya melalui WhatsApp ke nomor 0853 1111 1010.
Baca juga: Hari Konsumen Nasional, Jawa Barat Ekspor Produk Binaan Senilai Rp 6,4 Miliar
Konsumen juga dapat mengirimkan pengaduan melalui surat elektronik ke pengaduan.konsumen@kemendag.go.id, telepon (021) 3443839, situs web simpktn.kemendag.go.id, atau dapat datang langsung ke Direktorat Pemberdayaan Konsumen.
Di sisi lain, salah satu peserta dari kalangan pelajar, yaitu Kayla Adira Putri dari SMA Negeri 52 Jakarta mengungkapkan, kegiatan Aksi Konsumen Cerdas Indonesia itu memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya menjadi konsumen yang cerdas.
Selain itu, ia semakin menyadari pentingnya mencintai produk lokal sebagai bentuk dukungan nyata terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri.
Kayla mengaku sudah menggunakan produk lokal dalam keseharian.
Di tempat yang sama, Abang None (Abnon) Jakarta 2024, Muhammad Hafidz dan Aliya Nissa Thaib, menegaskan, pentingnya peran generasi muda dalam mendukung perdagangan yang sehat dan berkelanjutan.
Menurut mereka, generasi muda memiliki peran strategis sebagai konsumen dalam menciptakan pola konsumsi yang lebih cerdas, etis, dan berkelanjutan.
Aliyah menambahkan, dengan membaca ulasan produk, memilih produsen yang bertanggung jawab, serta mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam proses produksinya.
Dengan menjadi konsumen yang cerdas, generasi muda diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun masa depan perdagangan yang lebih baik.
Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Kemendag Isy Karim, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Iqbal Shoffan Shofwan, dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Fajarini Puntodewi.
Hadir sekaligus sebagai narasumber gelar wicara, yaitu Deputi Direktur, Departemen Surveilans Sistem Pembayaran dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Sari H. Binhadi, VP/Group Head QAQC Merek Kopi Kenangan PT Bumi Berkah Boga Sally Rachmatika, Abang None Jakarta 2024.
Hadir sebagai undangan, diantaranya Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, Ketua Komisi Komunikasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Heru Sutadi, dan Plt. Ketua YLKI Indah Sukmaningsih.
Adapun Puncak peringatan Harkonas 2025 akan diselenggarakan pada 18 Mei 2025 mendatang dalam bentuk lomba Harkonas 5K, lomba mewarnai dan menggambar, skateboarding, live music, games, door prize, stan instansi/perusahaan, bazar UMKM, edukasi konsumen cerdas, dan konsultasi pengaduan konsumen.
Peringatan Harkonas 2025 dirayakan lewat acara Aksi Konsumen Cerdas Indonesia yang dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan Budi Santoso.
Acara yang mengusung subtema Gerakan Komitmen Bersama Wujudkan Konsumen Berdaya itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, tanggung jawab, dan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, konsumen, maupun pelaku usaha dalam mewujudkan konsumen Indonesia yang cerdas, berdaya, dan terlindungi. (SG-1)