SOKOGURU, SUMEDANG – PT Paragon Technology and Innovation (ParagonCorp), perusahaan kosmetik terkemuka di Indonesia, kembali menegaskan komitmennya terhadap pendidikan dan pemberdayaan generasi muda.
Kali ini, ParagonCorp dan Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar peresmian coworking space dan penandatanganan kerja sama strategis pada Jumat, 13 Juni 2025, di Bale Sawala, Rektorat Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.
Acara tersebut menandai langkah besar dalam kolaborasi lintas sektor antara dunia pendidikan dan industri.
Baca juga: 100 Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad Serukan Evaluasi Menkes, Pendidikan Kedokteran Terancam!
Acara dihadiri Rektor Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, jajaran pimpinan Unpad, serta EVP & Chief People and Business Ecosystem Development ParagonCorp, Dr. A. Miftahuddin Amin.
Wujud Nyata Kolaborasi: Peresmian 3 Ruang Kolaboratif
Dalam acara ini dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara ParagonCorp dan Fakultas Psikologi Unpad, disaksikan langsung oleh Rektor Unpad.
Selain itu, dalam acara yang berlangsung dua hari juga dilaksanakan peresmian tiga venue inovatif: Collaborative Space Kandaga, Coworking Fisika, dan Ruang Pascasarjana.
Tak hanya, acara juga diisi dengan talkshow inspiratif bertajuk Reshaping Tomorrow, Empowering Generation bersama Paragonian.
Baca juga: Bandung Gandeng Unpad! Kolaborasi Besar Siap Ubah Wajah Kota dan Bantu Rakyat
Dalam sambutannya, Rektor Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita menekankan bahwa kerja sama ini bukan hal baru, melainkan kelanjutan dari kolaborasi panjang yang telah terjalin.
“ParagonCorp adalah etalase prestasi anak bangsa. Kami bangga karena banyak alumni Unpad berkiprah membanggakan di Paragon,” ucap Prof. Arief.
Ia menambahkan bahwa ParagonCorp adalah bukti bahwa kolaborasi kuat antara kampus dan industri bisa menciptakan dampak nyata bagi bangsa, termasuk mendukung visi pemerintah membangun kemandirian ekonomi nasional.
“Kami percaya, membangun bangsa harus dimulai dari mendukung talenta muda agar bisa memperkuat fondasi ekonomi dan bersaing di forum internasional,” tegasnya.
ParagonCorp: 40 Tahun dan Terus Tumbuh Bersama Pendidikan
Miftahuddin menyebut bahwa ParagonCorp saat ini telah merekrut 95 lulusan Unpad, dan ke depan ingin meningkatkan jumlah tersebut secara signifikan.
Bahkan saat ini, dua direktur Paragon adalah alumni Unpad, menunjukkan besarnya peran SDM kampus ini di dalam tubuh Paragon.
Baca juga: Riset ‘Cangkang Telur’ Mahasiswa FKG Unpad Sabet Prestasi di Kompetisi Science Bangkok
“Kami ingin selalu membuka ruang belajar dan tumbuh bersama Unpad. Kolaborasi bukan hanya berbagi visi, tapi membangun sistem untuk mewujudkannya bersama,” ujar Miftahuddin.
Acara Penandatanganan Kerja Sama antara Fakultas Psikologi Unpad dan PT Paragon Technology and Innovation di Bale Sawala,Rektorat Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. (Dok.Sokoguru.id)
ParagonCorp juga menyalurkan basiswa untuk 115 mahasiswa Unpad, program rekrutmen terintegrasi dengan investasi SDM, pelatihan karier seperti career coaching, CV writing, dan simulasi wawancara, serta aktivasi kampus lewat produk experience Wardah
Pemimpin Pasar Kosmetik Nasional
Dengan usia yang menginjak 40 tahun, ParagonCorp kini menguasai 20 persen pangsa pasar kosmetik Indonesia, dan terus tumbuh secara signifikan, baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa.
Booth Wardah turut menyemarakkan acara kegiatan Talkshow dan peresmian Co Working Space Paragon Corp di Bale Sawala,Rektorat Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. (Dok.Sokoguru.id)
Produk-produk unggulan seperti Wardah, Make Over, Emina, dan Kahf menjadi bagian dari perjalanan panjang inovasi Paragon.
“Kami percaya generasi muda adalah kekuatan nyata untuk mencipta, memimpin, dan membawa perubahan. Kami hadir untuk mendukung mereka membentuk masa depan bangsa,” pungkas Miftahuddin. (*)