BERITA
Kemeriahan Festival Budaya Borneo: Menggelarkan Pesan Damai Untuk Masyarakat
Festival budaya yang diadakan di kota Banjarmasin, berlangsung meriah dengan menampilkan banyak atraksi dengan karnaval etnis yang beragam.
OlehSalsabilla Ramadhanty
08 Juni 2022 09:26
featured image

Sokoguru.id – Karnaval budaya yang diselenggarakan dalam helatan festival budaya kongres borneo raya di Banjarmasin Kalimantan Selatan, digelar pada Minggu 5 Juni 2022. Berbagai aksi spektakuler, turut ditampilkan sepanjang karnaval berlangsung.

Karnaval budaya tersebut bertujuan untuk lebih memperkenalkan keragaman budaya serta kesenian dari berbagai suku di Kalimantan Selatan serta untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Festival Budaya Kongres Borneo, dibuka pada Jumat, 3 Juni 2022 oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Bertempat di Siring Menara Pandang, Kota Banjarmasin. Acara ini juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Banjamasin, H Muhammad Yamin, Ketua Pelaksana Festival kongres Borneo Raya, Bujino A. Salan, serta Koordinator Festival Budaya Kongres Boneo Raya, Siti Aminah Finandya. Turut dihadiri juga oleh camat, sekda serta SKPD terkait.

Wali Kota Banjarmasin, menyampaikan bahwa diadakannya Festival budaya Banjarmasin ini agar masyarakat Kalimantan bisa menjaga kedamaian dan kerukunan lantaran Kalimantan sendiri terdiri dari banyak etnis di dalamnya.

“Luar biasa, Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu sebetulnya ada 32 etnis suku bangsa, yang ada di sini kita Bisa hidup rukun, damai, ya mudah-mudahan dengan kedamaian itu, kerukunan itu modal kita untuk menjadi ibu kota negara DI Kalimantan Timur dan khususnya Kota Banjarmasin adalah pintu gerbang ibu kota Negara yang ada di Kalimantan Timur,” tuturnya dalam laman resmi pemerintah Kota Banjarmasin.

Kemudian, ia berpesan bahwa diselenggarakannya festival budaya ini dikhususkan agar masyarakat Kalimantan dapat hidup rukun, sehingga konflik horizontal tidak terjadi di tengah masyarakat Kalimantan.

“Tolong dijaga kerukunan antar umat beragama, antar suku yang ada di Kota Banjarmasin. Karena itu kita rawat kebhinnekaan, kita rawat kedamaian, dan dari Kota Banjarmasin, kita sampaikan pesan kedamaian untuk Indonesia,” tambahnya.

Bermacam-macam atraksi, dapat disaksikan dalam acara karnaval di festival budaya kongres Borneo Banjarmasin. Kemeriahan karnaval Banjarmasin, tak hanya disajikan dengan penampilan aksi dari berbagai etnis, juga memberikan pesan moral dan kedamaian untuk siapa saja. 

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus