SOKOGURU, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus memperluas jangkauan layanan perbankannya, baik di dalam negeri maupun mancanegara.
Komitmen ini merupakan bagian dari visi BSI menjadi bank syariah modern, inklusif, dan universal yang mampu memberikan layanan prima kepada seluruh nasabah, termasuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri.
Hingga Mei 2025, BSI mencatatkan 700 ribu transaksi remitansi, tumbuh 15% secara tahunan (year on year) dengan nilai transaksi tembus Rp47 triliun.
Lonjakan ini menjadi sinyal positif akan kepercayaan masyarakat terhadap layanan remitansi syariah yang aman dan mudah.
“Tren transaksi remitansi naik 20% secara tahunan. Ini menunjukkan kepercayaan nasabah yang terus meningkat,” ujar Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna, dalam keterangannya, Kamis (12/6/2025).
Layanan Remitansi BSI Menjangkau 13 Negara
Untuk mendukung layanan global, BSI telah bekerja sama dengan 31 mitra remitansi di 13 negara.
Beberapa negara dengan jumlah transaksi tertinggi antara lain Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan, serta kawasan Asia dan Eropa lainnya.
Baca juga: BSI UMKM Center Terus Dorong Wirausaha untuk Naik Kelas dan Tumbuh
BSI juga menjalankan dua skema bisnis utama:
* Business to Business (B2B) untuk menggerakkan volume transaksi, dan
* Business to Customer (B2C) untuk mendukung aktivasi layanan digital.
Berikut beberapa mitra remitansi resmi BSI yang dapat diakses oleh masyarakat di luar negeri:
* Malaysia: Merchantrade Asia, BerryPay, Akbar Money, Dandelion, dll.
* Singapura: Lulu Money, Sing X, DollarSmart Global, Haratan Servicing, dll.
* Jepang: Kyodai Remittance, JRF Remittance
* Korea Selatan: GMoneyTrans
* Hong Kong: Wirease, Harbour & Hills Financial, Warung Chandra Remittance
* UAE & Qatar: Direct Remit, TerraPay, Instant Cash, Arabian Exchange
* Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris, Kanada: Aussie Forex, Mastercard, Guavapay, U Remit
Kolaborasi Global & Edukasi PMI
BSI juga aktif menjalin kolaborasi dengan KBRI dan KJRI di berbagai negara untuk memberikan edukasi dan literasi keuangan syariah bagi Pekerja Migran Indonesia.
Baca juga: Tingkatkan Dukungan untuk UMKM, Porsi Pembiayaan UMKM BSI Naik
Langkah ini menjadi bagian dari upaya BSI membangun kepercayaan dan memperluas inklusi keuangan berbasis syariah secara global.
BYOND by BSI: Layanan Digital untuk Nasabah Global
Melengkapi perluasan jaringan, BSI juga mengedepankan transformasi digital perbankan.
Lewat platform BYOND by BSI, nasabah di luar negeri kini bisa menikmati layanan perbankan secara mudah, cepat, dan aman.
Platform ini telah dapat diakses di berbagai negara, termasuk:
* Malaysia
* Singapura
* Jepang
* Korea Selatan
* Hong Kong
* Brunei Darussalam
* Australia
* Arab Saudi
* UAE dan lainnya.
Inovasi digital ini juga diangkat dalam forum 10DX Summit Indonesia 2025, di mana BSI membahas adopsi teknologi seperti AI, cloud computing, dan sistem pembayaran digital.
Kolaborasi dengan fintech dan e-commerce juga dilakukan untuk memperluas ekosistem syariah. (*)