SOKOGURU, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung semakin serius dalam membenahi sistem pelayanan publik dengan menguatkan kanal aduan resmi SP4N LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).
Hal ini ditegaskan dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan SP4N LAPOR! yang digelar di Atlantic City Hotel, Rabu, 30 April 2025, diikuti oleh 107 admin LAPOR! dari seluruh perangkat daerah di Kota Bandung.
Darto, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, menyatakan bahwa SP4N LAPOR! bukan sekadar alat pelaporan, tapi sudah menjadi instrumen perubahan.
Baca juga: Resmikan Kampung Toleransi ke-6 di Cibadak, Farhan Tegaskan Bandung Kota Damai dan Bhineka!
“Ini satu-satunya kanal resmi yang diakui dari pusat hingga daerah. Bahkan, ada pejabat yang dicopot gara-gara laporan dari warga,” ungkapnya.
Hingga 31 Maret 2025, Tercatat 194 Aduan
Hingga 31 Maret 2025, sudah tercatat 194 aduan masuk melalui SP4N LAPOR! Namun, menurut Darto, angka tersebut bukanlah tolok ukur utama. Yang terpenting adalah kecepatan merespons aduan (response time).
Dok.Pemkot Bandung.
“Ada laporan ringan selesai 5 jam, tapi ada juga yang berat bertahun-tahun. Jadi kualitas penanganan lebih penting dari jumlah aduan,” ujarnya.
Darto juga memberikan apresiasi tinggi kepada para admin SP4N LAPOR! yang dinilai sebagai garda terdepan dalam pelayanan publik.
“Saya tahu betapa berat tugas teman-teman. Tapi inilah komitmen kita untuk memberikan yang terbaik bagi warga,” katanya.
Baca juga: Bandung Kerahkan Operasi 24 Jam! Tumpukan Sampah Ribuan Kubik di Pasar Gedebage Habis
Sementara itu, Kepala Bidang Diseminasi Diskominfo, Susi Susanti, menegaskan pentingnya sinergi antaradmin untuk meningkatkan kualitas pengelolaan laporan.
“Kehadiran kita hari ini adalah bentuk komitmen bersama untuk melayani masyarakat lebih baik,” tegasnya.
Saat ini, Pemkot Bandung tengah menindaklanjuti berbagai aduan, mulai dari perbaikan jalan rusak, lampu jalan (PJU), hingga pengelolaan sampah.
Baca juga: Wajah Baru Bandung Selatan! Wali Kota Farhan Resmikan Mural Lodaya Sepanjang 100 Meter
Acara ini juga menghadirkan tiga narasumber untuk memperkuat kapasitas para admin:
* Fitry Agustine dari Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, membahas pengelolaan SP4N LAPOR!
* Yusuf Cahyadi dari Diskominfo Kota Bandung, membagikan materi tentang layanan laporan masyarakat.
* Saeful Hidayah, Admin Lapor Utama Pemkot Bandung, berbagi praktik baik dari lapangan.
Dengan penguatan ini, Pemkot Bandung berharap layanan publik menjadi semakin responif, transparan, dan berbasis teknologi, sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat. (*)