Soko Tekno

YouTube Ubah Cara Hitung Views Shorts, Berdampak pada Monetisasi dan Analytics?

Simak penjelasan mengapa YouTube menyeragamkan metrik jumlah views pada Shorts seperti TikTok dan Instagram Reels. Bertujuan agar kreator memahami strategi.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
21 April 2025

Ilustrasi YouTube. Berikut penjelasan mengapa YouTube mengubah cara menghitung jumlah views pada fitur video Shorts. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Platform berbagi video secara online, YouTube semula menerapkan penayangan Shorts dihitung setelah video ditonton selama beberapa detik.

Namun pada 31 Maret 2025, YouTube akan menghitung angka penayangan berdasarkan beberapa kali video mulai diputar atau ditonton ulang tanpa memerlukan durasi minimum.

Adapun tujuan YouTube mengubah cara menghitung jumlah tampilan (views) Shorts agar kreator dapat memahami performa konten mereka.

Baca Juga:

Berdasarkan informasi yang diumumkan pada 26 Maret 2025 itu, perubahan ini akan meningkatkan jumlah views yang tercatat di Shorts.

Langkah ini diambil setelah banyak kreator menginginkan untuk memahami seberapa sering video Shorts benar-benar dilihat di channel mereka.

Dengan metode baru ini, kreator dapat mengukur jangkauan konten secara akurat, yang dapat membantu menyusun strategi konten dan memikat calon mitra merek.

Baca Juga:

Menyeragamkan Metrik YouTube Shorts

Perubahan ini juga turut menyeragamkan metrik YouTube Shorts dengan platform pesaing, seperti TikTok dan Instagram Reels.

TikTok dan Reels Instagram, adalah platform yang sudah lebih dulu menggunakan metode serupa dalam menghitung jumlah dan pemutaran ulang video tersebut.

Dampak pada YouTube Analytics dan Monetisasi

Seperti dikutip dari Techcrunch, YouTube menyampaikan, meski sistem penghitungan penayangan berubah, kreator masih dapat melihat metrik lama.

Sekarang ini penghitungan disebut sebagai engaged views melalui Mode Lanjutan di YouTube Analytics.

Baca Juga:

Engaged views ini akan tetap menunjukkan jumlah penonton yang memiliki untuk terus menonton video Shorts sampai selesai.

Perubahan ini tidak akan memengaruhi penghasilan kreator maupun kelayanan untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP).

Adapun monetisasi tetap didasarkan pada engaged views bukan terhadap metrik penayangan yang diperbarui.

Strategi Efektif Tingkatkan Daya Tarik

Dengan diterapkannya perubahan ini, YouTube menginginkan kreator memahami performa konten di berbagai platform.

Ini membantu  mereka dalam menyusun strategi yang efektif, dan meningkatkan daya tarik bagi  mitra merek dan agensi.