Soko Tekno

UMKM Bisa Gunakan WhatsApp Secara Efektif, di Antaranya Bangun Komunikasi dengan Pelanggan

Lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, WhatsApp menawarkan peluang emas bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan dan tingkatkan penjualan.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
03 Maret 2025

Ilustrasi seseorang membuka tampilan pesan pada HP. Berikut cara maksimalkan WhatsApp untuk UMKM maksimalkan pemasaran dan jalin komunikasi dengan pelanggan. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini, platform pesan instan milik Meta telah bertransformasi dari sekadar aplikasi jadi alat bisnis yang sangat penting.

Berdasarkan data dari Meta Indonesia, 87 persen konsumen di Indonesia lebih memilih berkomunikasi dengan pemilik bisnis melalui pesan online.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, WhatsApp menawarkan peluang emas bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.

Bagi kamu pelaku usaha yang memanfaatkan WhatsApp untuk bisnis merupakan langkah baik. Sebab, platform ini memungkinkan kamu berinteraksi langsung dengan pelanggan, menawarkan produk, dan jasa atau membangun brand yang kuat.

Berikut Cara Efektif Jalankan UMKM Lewat WhatsApp

1. Fitur WhatsApp Business

Maksimalkan WhatsApp Business, aplikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan fitur-fitur sebagai berikut;

- Profil Bisnis: tampilkan informasi lengkap bisnis, seperti deskripsi, alamat, jam operasional, dan tautan ke media sosial atau website

- Katalog Produk: pamerkan produk atau layanan Anda dalam bentuk katalog yang mudah diakses pelanggan.

- Balasan Cepat: otomatiskan balasan pesan untuk merespons pelanggan dengan cepat dan efisien.

2. Bangun Hubungan dengan Pelanggan

Satu di antara keunggulan utama WhatsApp adalah kemampuannya untuk menciptakan hubungan personal.

Balas pesan pelanggan dengan ramah dan cepat, serta gunakan bahasa yang sesuai dengan karakter mereka. Pelanggan yang merasa diperhatikan akan lebih loyal pada bisnis Anda.

3. Broadcast dengan Bijak di Grup

Memanfaatkan grup WhatsApp untuk membangun komunitas pelanggan setiap, bagikan informasi terbaru, diskon atau promosi eksklusif.

Manfaatkan fitur broadcast untuk mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. Tetapi hindari mengirim pesan terlalu sering agar tidak mengganggu pelanggan.

4. Promosikan Produk di WhatsApp Status

Manfaatkan fitur status untuk promosikan produk atau layanan Anda. Unggah foto produk, video testimoni, atau informasi promo menarik. Karena status hanya bertahan selama 24 jam, ini ideal untuk promo kilat.

5. Integrasikan dengan Media Sosial

Jangan lupa kekuatan media sosial seperti Instagram atau Facebook, integrasikan WhatsApp dengan platform lainnya.

Tambahkan tombol 'Hubungi via WhatsApp di profil media sosial untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

6. Layanan Pembayaran Mudah

Gunakan WhatsApp untuk mengelola pesanan dan pembayaran. Sediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang mudah, seperti QRIS, transfer bank, ataupun e-wallet.