SOKOGURU - UMKM merupakan jenis usaha yang bisa dijalankan siapa saja, baik secara individu maupun badan usaha.
Selain itu, UMKM sendiri memiliki peran penting dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, terutama di Indonesia.
UMKM hingga saat ini masih menjadi satu di antara peluang usaha yang menjanjikan di dunia ekonomi dan bisnis.
Tetapi, untuk bisa bertahan dan berkembang di era digital, UMKM juga perlu beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang mengalami perubahan.
Seiring berkembangkan teknologi, penting bagi pelaku usaha untuk menyediakan layanan pembayaran digital menggunakan metode transfer atau QRIS.
Simak 4 tips untuk pengembangan UMKM di era digital:
1. Manfaatkan Media Sosial
Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, pelaku usaha dapat lebih mudah melakukan promosi secara mandiri.
Sebab, media sosial merupakan satu di antara alat promosi online yang sekarang ini banyak digunakan.
Caranya, buah akun bisnis di berbagai platform yang relevan dengan target audiens, bisa di Instagram, TikTok, Facebook, dan X (dulu Twitter).
Untuk membuat seseorang tertarik, perlu membuat konten berkualitas yang menarik, dan relevan, kemudian mendorong interaksi dengan pelanggan secara responsif.
2. Pemasaran Optimal
Pemasaran secara online yang dilakukan, bisa jadi faktor penentu untuk UMKM dapat berkembang, dan bersaing di era digital yang semakin maju.
Pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan beragam platform digital, termasuk media sosial, situs web, dan ads.
Strategi pemasaran online yang tepat akan meningkatkan visibilitas mereka, dan mendongkrak penjualan secara signifikan.
3. Manfaatkan e-Commerce
Perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini, memungkinkan konsumen memperoleh barang yang diinginkan melalui e-commerce tanpa harus datang langsung ke toko fisik.
Konsep marketplace pada e-commerce ini, memungkinkan penjual membuka toko online. Sehingga dapat memperluas jangkauan pasar.
Nah, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan dalam platform e-commerce tertentu, pelaku usaha dapat mengelola penjualan dengan lebih efisien.
4. Opsi Pembayaran Digital
Untuk kemudahan pembayaran, pelaku usaha perlu menyediakan layanan pembayaran digital. Sebab bisa menjadi kunci kepuasan pelanggan saat ini.
UMKM bisa menyediakan layanan transfer bank, virtual account maupun QRIS, dan pastikan transaksi berlangsung aman dan nyaman untuk konsumen.(*)