Soko Tekno

4 Cara Mendapatkan Uang di Facebook dengan Monetisasi Konten

Berikut cara meraih penghasilan yang menggiurkan dari konten yang diunggah di Facebook. Setiap pengguna Facebook dapat memanfaatkan 4 fitur yang tersedia.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
22 April 2025
<p>Ilustrasi logo Facebook. Berikut empat cara mendapatkan uang di Facebook. (Foto/Freepik).</p>

Ilustrasi logo Facebook. Berikut empat cara mendapatkan uang di Facebook. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Simak cara mendapat uang dari Facebook Creator (FB Pro), terutama untuk Anda yang aktif membuat konten di media sosial.

Mungkin selama ini, banyak orang mengira penghasilan dari media sosial hanya bisa didapat lewat YouTube, TikTok maupun Instagram.

Padahal, sekarang ini Facebook juga menawarkan potensi besar untuk mendatangkan penghasilan menggiurkan dari aktivitas berbagi konten.

Jika sering membuat video atau konten menarik di Facebook, tentu ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraih penghasilan.

Baca Juga:

Cara mendapatkan uang dari Facebook mungkin masih banyak yang kebingungan, meski platform milik Meta ini merupakan satu di antara yang memiliki pengguna aktif terbesar.

Jika tertarik menjadi kreator konten yang memperoleh penghasilan dari Facebook, maka perlu dipahami bagaimana metode monetisasi FB ini.

Cara Mendapatkan Uang di Facebook

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Facebook, kreator dimungkinkan dapat memonetisasi konten melalui sejumlah fitur, satu di antaranya iklan in-stream.

Tetapi, sebelumnya setiap pengguna akun Facebook harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

1. Menyisipkan Iklan di Video Postingan

Untuk bisa menayangkan iklan di video siaran langsung melalui fitur in-stream ads, perlu memastikan Halaman Facebook memenuhi sejumlah kriteria ini.

- Memiliki setidaknya 10.000 pengikut aktif di Halaman Facebook.

- Akumulasi 60.000 menit tayangan dalam 60 hari terakhir.

Baca Juga:

Waktu tonton ini mencakup konten video sesuai kriteria-baik video biasa, siaran langsung, maupun tayangan ulang siaran langsung.

Namun, tayangan dari video yang dipromosikan, dibayar, atau ditayangkan di seluruh teknologi Meta tidak dihitung.

Terdapat minimal 5 video aktif di halaman Anda. Video ini dapat berupa video rekaman maupun siaran langsung sebelumnya.

Syarat ini, tidak termasuk video yang dipublikasikan secara lintas platform dalam ekosistem Meta.

Ada admin khusus yang akan mengelola Halaman tersebut, untuk menjalankan iklan in-stream, baik untuk Facebook Live maupun Instagram Live.

Proses peninjauan kelayakan biasanya memakan waktu sekitar lima hingga tujuh hari, tapi dalam beberapa kasus bisa lebih lama.

2. Menambahkan Pintasan Langganan

Setelah Halaman Facebook aktif, pengguna bisa memiliki opsi untuk mengaktifkan fitur Langganan sebagai satu di antara sumber pendapatan.

Melalui fitur ini, penggemar dapat memberikan dukungan secara rutin setiap bulan dengan melakukan pembayaran berulang, untuk mengakses konten premium atau eksklusif yang Anda buat.

Fitur Langganan tidak hanya memberi peluang untuk meraih penghasilan, melainkan juga membuka ruang interaksi yang lebih dekat dengan audiens.

Monetisasi dari sistem ini memungkinkan pengguna Facebook dapat memproduksi lebih banyak konten sesuai minat penggemar.

Baca Juga:

Setelah Langganan diaktifkan, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Insight untuk memahami perilaku pelanggan, dan mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam membangun komunitas.

3. Kolaborasi dengan Merek

Satu di antara cara memperluas potensi penghasilan sebagai Facebook Creator, adalah dengan menjalin kolaborasi bersama brand yang sesuai dengan minat audiens Anda.

Melalui kerja sama ini, Anda dapat menghasilkan konten otentik sekaligus membuka peluang mendapatkan bayaran tambahan.

Saat kemitraan dibentuk, Facebook akan menampilkan label 'Kemitraan Berbayar' di setiap postingan hasil kolaborasi tersebut.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua jenis konten memenuhi syarat untuk dimonetisasi. Berikut format yang tidak bisa menghasilkan uang:

- Video Statis yang menampilkan satu gambar dengan sedikit atau tanpa gerakan sama sekali.
- Polling Gambar Diam
- Tayangan Slide Gambar
- Video Looping, konten yang memutar segmen yang sama berulang kali.
- Montage Teks, konten yang hanya berisi teks di atas gambar atau animasi tanpa nilai visual.
- Iklan Sematan

Baca Juga:

4. Live Streaming Facebook

Siaran langsung di Facebook kini bisa menjadi sumber penghasilan menarik, apalagi jika Anda aktif membangun komunitas yang solid.

Melalui fitur Stars, pengguna bisa mendapat dukungan langsung dari penggemar selama sesi live streaming di Facebook berlangsung.(*)