SokoKreatif

Bangun Bisnis Parfum, Dua Mahasiswa Raih Anugerah Super Growing UMKM dari Shopee

Tak  hanya sukses membangun bisnis parfumnya, Given dan William juga dianugerahi penghargaan pada acara Shopee Super Awards 2023

By Sokoguru  | Sokoguru.Id
13 Februari 2024
Brand parfum lokal Heura saat dinobatkan sebagai Super Growing UMKM pada ajang Shopee Super Awards 2023. (Dok.Ist)

 

SELAMA bertahun-tahun, industri parfum di Tanah Air dikuasai sejumlah brand dari mancanegara. Namun, akhir-akhir ini, sejumlah brand parfum lokal mulai banyak bermunculan.

 

Beberapa parfum produk buatan dalam negeri tak hanya mengisi pasar Indonesia tetapi mampu merebut hati konsumen dalam negeri.

 

Seiring dengan itu, bisnis parfum lokal beberapa tahun ke belakang bertumbuh pesat.

 

Baca juga: Menparekraf  Kembali Lanjutkan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) pada Tahun 2024

 

Melihat bisnis parfum yang bertumbuh di Tanah Air, dua orang mahasiswa dari Jakarta, Given Susanto dan William Gomarga, membangun bisnis parfum Heura.

 

Dengan kegigihan dan keseriusannya, bisnis parfium Given dan William berkembang dan akhirnya produk parfumnya yang bernama Heura dipasrkan melalui e-commerce Shopee.

 

Baca juga: Komunitas Kreatif di Jawa Timur Didorong Berkolaborasi Tingkatkan Sektor Parekraf

 

Tak  hanya sukses membangun bisnis parfumnya, Given dan William juga dianugerahi penghargaan pada acara Shopee Super Awards 2023 di Jakarta, Senin (12/2).

 

Saat menerima penghargaan, Given yang baru berusia  21 tahun ini menceritakan perjalanan usahanya dalam membangun brand Heura.

 

"Jadi dari dulu saya memang suka pakai parfum, cuma kok parfum-parfum desainer di pasaran terlampau mahal untuk sebagian orang, akhirnya saya dan William putuskan untuk bikin Heura," jelas Given.

 

Given mengatakan bahwa kesuksesan brand Heura tidak lepas dari riset dan uji cobanya terhadap preferensi wangi masyarakat Indonesia.

 

Dengan anggaran terbatas, Given dan William memutuskan untuk membuka penjualan parfum Heura secara online dan mendapati bahwa pasar merespons positif terhadap produk-produk mereka.

 

Keputusan untuk memulai penjualan di Shopee sebagai platform pertama dengan alasan bahwa Shopee mampu memberikan kenyamanan belanja online sekaligus menjadi top of mind e-commerce di Indonesia.

 

Heura menginginkan branding yang lebih eksklusif, sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai.

 

"Kami berusaha untuk membuat Heura 'berbeda' dengan strategi pemasaran yang kuat dan peningkatan kualitas produk,” jelas Given.

 

“Keberhasilan ini tercermin dari peningkatan penjualan yang signifikan, mencapai puluhan ribu produk terjual setiap bulannya dan pertumbuhan year-on-year sekitar 150% hingga 200%," kata Given.

 

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Given dan William tidak hanya memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui bisnisnya tetapi juga telah membuka lapangan kerja bagi 35 orang.

 

Keberhasilan Heura dalam memanfaatkan potensi pasar wewangian di Indonesia dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur-fitur di Shopee yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

 

Meski baru beroperasi selama satu tahun sejak April 2022, Heura sukses menarik perhatian para pembeli dengan menjual lebih dari ratusan produk di satu bulan pertama sejak didirikan.

 

Bahkan, saat ini angka penjualannya mampu mencapai ribuan produk dalam satu bulan. Tidak heran, bisnis besutan Given dan William ini berhasil dinobatkan sebagai Super Growing UMKM, dalam helatan Shopee Super Awards 2023.

 

"Jujur, kami tidak menyangka bisa mendapatkan kehormatan sebagai Super Growing UMKM, di Shopee Super Awards 2023 ini,” jelas Given.

 

“Karena yang kami lakukan selama ini cuma fokus mempelajari target market kami, dan juga belajar bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur di Shopee yang kami pakai seperti iklan, voucher dan program-program lain yang membantu nge-boost sales Heura, hingga sampai ke titik saat ini," ujar Given.

 

Shopee Super Awards 2023 sendiri, merupakan ajang penghargaan kepada pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir.

 

Selain UMKM, sejumlah pihak seperti mitra brand, mitra seller, Partner, serta konten kreator yang masuk ke dalam 33 Kategori penghargaan Shopee Super Awards 2023, juga turut hadir dan meramaikan acara penghargaan ini.

 

Baca juga: DPR Dorong Para Pelaku Ekonomi Kreatif Miliki Keterampilan ‘Public Speaking’

 

Beberapa tahun lalu, Given Susanto dan William Gomarga yang berstatus sebagai mahasiswa menyadari tengah terjadi peningkatan kebutuhan akan wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

 

Given memang selalu menyukai parfum dan memandang  bahwa wewangian memiliki pasar sendiri, dirinya pun tergerak membangun bisnis parfum Heura di Shopee. (SG-2)