Soko Tekno

Bongkar! Cara Kreator Mendapatkan Uang dari Youtube Shorts, Ternyata Ini Rahasianya

YouTube Shorts bukan hanya video singkat menghibur, tapi juga peluang besar untuk hasilkan uang! Simak langkah demi langkah cara memonetisasi YouTube Shorts.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
20 April 2025

Ilustrasi logo YouTube. Perhatikan cara monetisasi YouTube Shorts agar menghasilkan uang dari berbagai fitur yang disediakan. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - YouTube Shorts menjadi primadona baru untuk pembuat konten video. Fitur video pendek berdurasi maksimal 60 detik ini, menawarkan peluang untuk menjangkau audiens luas.

Menariknya lagi, kali ini hanya lewat YouTube Shorts kreator video bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui fitur monetisasi.

Jika seorang kreator ingin memaksimalkan potensi penghasilan dari YouTube Shorts, berikut ini cara mendapatkan penghasilan dari konten singkat yang dibuat.

Baca Juga:

Langkah awal yang harus diketahui untuk membuka fitur monetisasi YouTube Shorts adalah menjadi bagian dari YouTube Partner Program (YPP).

Program ini memberikan akses ke berbagai fitur penghasilan, mulai dari iklan hingga dukungan penggemar.

Syarat Gabung dengan YPP

- Lebih dari 1.000 subscriber, bangun komunitas yang solid di channel Anda.

- Perlu 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir atau 10 juta view Shorts dalam 90 terakhir.

- Tunjukkan jika konten Anda menarik dan ditonton banyak orang.

- Lebih dari sekadar iklan, ada berbagai cara monetisasi YouTube Shorts

Baca Juga:

Selain gabung YPP, YouTube memberikan kesempatan melalui berbagai fitur monetisasi khusus untuk Shorts, sebagai berikut;

1. Pendapatan dari Iklan di Shorts Feed

Mirip dengan video panjang, iklan kini hadir di antara video-video Shorts dalam feed. Kreator yang memenuhi syarat akan mendapatkan bagian dari pendapatan iklan ini.

Pembagian pendapatan saat ini adalah 45% untuk kreator dari total pendapatan iklan yang dialokasikan.

Untuk menikmati fitur ini, Anda perlu memenuhi syarat YPP, yaitu memiliki minimal 1.000 subscriber, dan 4.000 jam tayang dalam setahun atau 10 juta views Shorts dalam 90 hari terakhir.

2. Super Chat dan Super Stickers

Fitur ini memungkinkan penonton untuk memberikan donasi secara langsung saat Anda melakukan live streaming. Donasi mereka akan ditampilkan dalam obrolan langsung (live chat) dengan sorotan khusus.

Jika Anda memiliki antara 500 hingga 1.000 subscriber, dan memenuhi persyaratan views Shorts, Anda sudah bisa memanfaatkan fitur ini setelah bergabung dengan YPP.

Baca Juga:

3. YouTube Shopping

Manfaatkan Shorts Anda untuk menjual produk sendiri atau produk dari merek lain.

Anda dapat menandai produk dalam video, dan tautan akan muncul, mengarahkan penonton langsung ke halaman pembelian.

Jika Anda memiliki minimal 15.000 subscriber, Anda berkesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai merek melalui program afiliasi YouTube Shopping.

Bahkan dengan 0 subscriber, Anda bisa mempromosikan produk Anda sendiri jika memenuhi syarat.

4. YouTube Premium

Setiap kali pelanggan YouTube Premium menonton konten Anda,  akan mendapatkan bagian dari biaya langganan mereka.

Pembagian ini didasarkan pada total waktu tonton konten Anda oleh anggota Premium setiap bulannya.

Syarat untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube Premium sama dengan syarat umum YPP, yakni minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam setahun atau 10 juta views Shorts dalam 90 hari terakhir.

Baca Juga:

5. Keanggotaan Saluran  

Tawarkan konten eksklusif kepada subscriber Anda yang bersedia membayar biaya keanggotaan bulanan.

Konten eksklusif ini bisa berupa video Shorts tambahan, video berdurasi panjang khusus, live streaming eksklusif, emoji khusus, lencana anggota, dan akses awal ke video baru.

Menariknya, Anda bisa mengaktifkan fitur ini meskipun baru memiliki 500 subscriber.

6. Menjual Produk Digital

Kembangkan dan jual produk digital yang relevan dengan niche konten Anda, seperti e-book, kursus online, template desain (misalnya Canva), dan lainnya. Cantumkan tautan pembelian di deskripsi video Shorts Anda.

7. Program Afiliasi

Bergabunglah dengan berbagai program afiliasi dan rekomendasikan produk atau layanan melalui Shorts Anda.

Sertakan tautan afiliasi atau kode promo di deskripsi video. Setiap kali audiens Anda melakukan pembelian melalui tautan tersebut, Anda akan mendapatkan komisi.

Baca Juga:

8. Kemitraan dengan Merek

Jalin kerjasama dengan berbagai merek untuk membuat konten bersponsor. Shorts terbukti efektif dalam menghasilkan engagement yang tinggi, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para pengiklan.

9. Promosikan Konten Berdurasi Panjang

Meskipun Shorts efektif untuk menjangkau audiens baru, video berdurasi panjang tetap menjadi tulang punggung banyak channel.

Anda dapat memanfaatkan Shorts untuk mempromosikan video berdurasi panjang Anda.

Caranya, buat cuplikan menarik dari video panjang dan arahkan penonton untuk menonton versi lengkapnya.

Ini akan meningkatkan views dan jam tayang video panjang Anda. Kemudian, juga bisa membuat beberapa video Shorts dari satu video panjang, menghemat waktu dan tenaga dalam produksi konten.