KEPULAUAN Seribu kembali memikat hati puluhan konten kreator dalam acara Familiarization Trip (Famtrip) yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu.
Dengan menghadirkan 65 kreator konten, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata Kepulauan Seribu dan merayakan HUT ke-497 Jakarta.
Dalam Famtrip kali ini, para peserta diajak menjelajahi keindahan Pulau Kelor, Pulau Pramuka, Pulau Gusung Patrick, dan Gusung Sekati.
Baca juga: Abang dan None Kepulauan Seribu Promosikan Pariwisata di Car Free Day, Jakarta
"Famtrip kali ini kita mengunjungi Pulau Kelor, Pulau Pramuka, Pulau Gusung Patrick, dan Gusung Sekati.” ujar Sonti Pangaribuan, Kepala Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu, Selasa (11/6).
“Para peserta sangat terhibur dan kagum dengan keindahan Kepulauan Seribu," ujar Sonti.
Sonti menjelaskan bahwa kegiatan ini juga melibatkan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Kepulauan Seribu dalam upaya konservasi lingkungan.
"Dalam kegiatan ini, kami bersinergi dengan PBKL Kepulauan Seribu untuk menanam 350 bibit pohon mangrove dan melakukan restocking 1.000 benih ikan kakap di Pulau Pramuka. Peserta juga menikmati pasir putih saat air surut," jelasnya.
Melalui Famtrip ini, Sonti berharap para konten kreator dapat membantu mempromosikan keindahan Kepulauan Seribu melalui media sosial mereka.
Baca juga: 12 Ribu Lebih Wisatawan Nikmati Kepulauan Seribu Saat Libur Lebaran
"Ini upaya efektif untuk mempromosikan Jakarta, khususnya Kepulauan Seribu sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara," ungkapnya.
Acara ini direncanakan akan terus berlanjut setiap tahunnya. Sonti menekankan bahwa Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang indah dan menakjubkan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.
"Kepulauan Seribu ini terdiri dari pulau resort, cagar budaya, dan pulau permukiman,” ucap Sonti sebagaimana dilansir situs Pemprov DKI Jakarta, Selasa (11/6)..
“Sangat disayangkan jika masyarakat masih ada yang belum tahu. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, para peserta juga tertarik untuk datang kembali," tambahnya.
Rara Faradiba, seorang influencer dari Cakung, Jakarta Timur, mengungkapkan kegembiraannya mengikuti Famtrip ini.
"Saya takjub dengan Benteng Martello yang ada di Pulau Kelor karena hingga saat ini masih bertahan. Saya juga senang bisa melakukan restocking ikan bersama. Bahkan, saya bisa punya teman dan relasi baru," kata Rara dengan antusias.
Baca juga: Musik Kreatif Hibur Wisatawan dan Warga di Kepulauan Seribu Selama Libur Lebaran
Famtrip ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi para konten kreator, tetapi juga memperkuat jejaring dan relasi antar peserta.
Dengan keindahan alam dan kegiatan konservasi yang dilakukan, Famtrip ke Kepulauan Seribu menjadi sebuah perjalanan yang tak terlupakan, sekaligus langkah strategis untuk mempromosikan potensi wisata Kepulauan Seribu ke dunia. (SG-2)