Pariwisata

Panggung Kerajinan Bergengsi Digelar, Inacraft 2024 Diprediksi Raup Sebanyak Rp 100 Miliar

Pameran Inacraft menjadi wadah bagi UMKM untuk menampilkan produk-produk lokal terbaru dan berkualitas, memperluas jejaring, serta menambah pengalaman dan edukasi.

By Fajar Ramadan  | Sokoguru.Id
28 Februari 2024
Dok. Ho Inacraft

MELEWATI lebih dari dua dekade, ajang The 24th International Handicraft Trade Fair (Inacraft) kembali digelar dan kian memantapkan diri menjadi helatan paling bergengsi bagi para pegiat kerajinan tangan se-Asia Tenggara. Panggung kerajinan terbesar itu bakal digelar pada 28 Februari – 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

 

1.500 UKM dari seluruh Indonesia yang menempati 1.066 booth siap memanjakan mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, diprediksi 100 ribu pengunjung hadir dengan menelurkan transaksi sebesar Rp 100 miliar. 

 

Pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft  Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Event dirancang untuk mempromosikan produk-produk kerajinan Indonesia, meningkatkan pasar domestik, dan membuka peluang  pasar internasional sebagai komoditi eskpor ke mancanegara



 

“Inacraft 2024 mengusung tema ‘From Smart Village to Global Market’ dan subtema ‘World Craftpreneurs Under One Roof’,” ujar Ketua Umum BPP ASEPHI Muchsin Ridjan dalam keterangan pers yang diterima Sokoguru, Selasa (27/2).\

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pameran ini menjadi wadah bagi UMKM untuk menampilkan produk-produk lokal terbaru dan berkualitas, memperluas jejaring, serta menambah pengalaman dan edukasi.

 

“Harapannya Inacraft menjadi langkah maju UMKM  Indonesia untuk Go International dan siap bersaing dengan peserta dari luar negeri, namun tetap siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” imbuhnya.

 

Tak hanya menargetkan transaksi semata, Inacraft 2024 diprediksi menghasilkan kontrak dagang sebanyak USD 12 juta dengan inisiatif menghadirkan 70 buyers internasional dan 133 peserta kategori eksportir dan siap ekspor.


 

Dari lokal menuju global 

 

Produk-produk yang tampil dalam panggung Inacraft merupakan buah dari kolaborasi antar komunitas di berbagai daerah. 

 

Produk kerajinan Indonesia, seperti; batik, tenun, fashion & embroidery, sepatu & perlengkapan travel, perhiasan & aksesoris, peralatan rumah tangga, cendera mata, produk dekoratif, mainan, dan masih banyak lagi akan bersanfing dengan sejumlah artisan dari mancanegara yang akan menampilkan produk-produk khas mereka.

 

Tak hanya itu, dalam ajang Inacraft ini secara khusus Inacraft memfasilitasi pengrajin dari Palestina untuk memanjakan produknya di hadapan wisatawan. 

 

Sebanyak 1500 UMKM yang mengisi 1.066 booth dengan 24 island yang terdiri dari 850 anggota ASEPHI, 650 terdiri dari non anggota dan peserta binaan (Kementerian, BUMN, Dinas/Dekranasda), serta peserta luar negeri yang bertempat di Plenary Hall, seperti, Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara yang hadir dalam Paviliun AHPADA.

 

Di samping itum ASEPHI sebagai National Entity dari World Craft Council International berkolaborasi dengan World Craft Council Asia Pacific Region (WCC APR) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) untuk membuka peluang dalam peningkatan mutu produk kerajinan Indonesia yang sangat beragam serta mengembangkan dan meningkatkan potensi kota melalui “World Craft City Network” dan “Craft Sister Cities”. 

 

Ragam acara menarik lainnya tetap hadir yaitu Craft Talks, Craft Workshop, seleksi produk kerajinan unggul Inacraft Award dengan juri-juri internasional, Trunk Show, dan Traditional Music Performance.


 

Sinergi kolaborator

 

Inacraft 2024 didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu Behaestex, Pupuk Indonesia, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

 

Pameran ini juga bekerja sama dengan berbagai partner, seperti Official Partner White Horse, Official Mall Partner Margo City Depok, Emporium Mall Pluit, Grand Metropolitan Bekasi, dan Summarecon Mall Serpong, Official Hotel Partner Hotel Atlet Century Park, Swiss-Belinn Wahid Hasyim, dan Best Western Senayan, Official Hospital Partner RS. Abdi Waluyo, Official Freight Forwarder Vissasa Paramanati, Official Digital Out-Of-Home Partner AMG, dan Official Ticket Partner Olsera.

 

Informasi dan Tiket

 

Pameran Inacraft 2024 dibuka untuk umum dari pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 25.000. Tiket dapat dibeli melalui pre-registrasi dan tiket box langsung pada pameran.

 

Informasi dan agenda kegiatan dapat dilihat di laman digital www.inacraft.co.id, serta akun official media sosial Inacraft di Facebook, Instagram dan Tiktok @weareinacraft serta Channel Youtube We Are Inacraft. (SG-3)