Pariwisata

Festival Cap Go Meh dan Rakornas Parekraf Jadi Daya Tarik Wisatawan di Singkawang

Terpilihnya Singkawang sebagai lokasi penutupan Rakornas Pemasaran Pariwisata berarti magnet Kalimantan Barat sebagai daya tarik wisata nusantara sudah terasa.
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
25 Februari 2024
Dok. Kemenparekraf

BERSAMAAN dengan perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar),  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemasaran Pariwisata.

 

Dalam sambutannya saat penutupan rakornas, Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kegiatan rakornas turut memperkuat daya tarik wisatawan, karena dilaksanakan berbarengan dengan perayaan Festival Cap Go Meh.

 

"Terpilihnya Singkawang sebagai lokasi penutupan Rakornas Pemasaran Pariwisata ini berarti kita bisa melihat bahwa Kalimantan Barat sebagai magnet daya tarik wisata nusantara ini sudah sangat terasa. Menarik kegiatan ekonomi yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya dalam penutupan Rakornas Pemasaran Pariwisata Nusantara di Kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (24/2), seperti dilansir kemenparekraf.go.id.

 

Baca juga: Perkuat Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan, Kemenparekraf Gelar Rakornas

 

Menurut Sandiaga kedua event itu yang menjadi magnet yang menarik bagi kedatangan wisatawan nusantara ke Kalbar. 

 

Rangkaian rakornas itu juga berhasil dilaksanakan dengan kolaborasi yang kuat antara Kemenparekraf, Kemenkomarves, Pemerintah Provinsi Kalbar, Pemerintah Kota Singkawang, Bank Indonesia, serta dunia usaha.

 

"Ini adalah bagian dari kolaborasi karena kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri," imbuhnya.

 

Melalui kolaborasi itu, lanjut Sandiaga, diharapkan angka target pergerakan wisatawan nusantara sebesar Rp1,25 - Rp1,5 miliar bisa dicapai. Sebab, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), satu pergerakan wisatawan nusantara diperkirakan akan menghabiskan belanja sekitar Rp2,7 juta dalam satu hari bepergian.

 

"Mari kita terus menginspirasi dan memotivasi dan rakornas ini harus membuat sebuah terobosan agar parekraf kita lebih optimal," ungkap Sandiaga.

 

Dalam acara tersebut Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Dwi Marhen Yono; Direktur Pemasaran Regional II Cecep Rukendi; Direktur Komunikasi Pemasaran Yohanes De Brito Titus Haridjati; dan Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Erwita Dianti.

 

Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Hariyanto; Direktur Kajian Strategis Agustini Rahayu; Pj. Gubernur Kalbar; Harrison; Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari; dan Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro. (SG-1)