MIKROGRAFIK
Inilah Sepeda Lokal Terbaik Buatan Anak Bangsa
Industri sepeda mulai diramaikan oleh para pelaku UMKM. Banyak sepeda berkualitas dan kaya fitur yang didesain dan diproduksi asli lokal.
Oleh Rauf Muhammad
19 September 2022 08:18
Industri sepeda tidak akan pernah sepi. Sepeda menjadi salah satu alat transportasi pilihan masyarakat. Selain itu, sepeda juga banyak digunakan untuk rekreasi.

Sepeda yang digunakan oleh masyarakat sangat bervariasi. Ada yang dari luar negeri, juga dari dalam negeri. Di dalam negeri terdapat UMKM yang memproduksi sepeda berkualitas. Di antaranya adalah Babah Bike, Spedagi, dan Kreuz Bike.

Babah Bike merupakan UMKM asal Malang yang fokus memproduksi frame sepeda MTB. Babah Bike membuat frame MTB yang sangat kuat dengan bahan dasar Chromoly. Bahan Chromoly sangat cocok digunakan di medan ekstrim seperti jalan batu di pegunungan.

Spedagi merupakan UMKM asal Temanggung yang memproduksi frame sepeda dengan bahan bambu. Spirit Spedagi dalam membuat sepeda ramah lingkungan menjadi nilai tambah dari produknya. Sementara ini Spedagi telah menembus pasar Jepang, Belanda, dan Prancis.

Kreuz Bike adalah UMKM asal Bandung yang memproduksi sepeda lipat tiga. Sepeda lipat ini sangat hemat tempat, tetapi kekuatannya sudah teruji. Sepeda yang dijuluki "Brompton made in Bandung" ini telah digunakan oleh pejabat-pejabat Indonesia, salah satunya Presiden Joko Widodo.
Editor: Ahmad Yunus
Mikrografik Terpopuler
Cari Cuan di Tiktok Yuk!
Inilah Sepeda Lokal Terbaik Buatan Anak Bangsa
Sentra Kaos Sablon Terbesar di Bandung