Di CERIA Roadshow Bandung, Opaper Kenalkan Ubi Cilembu Ke Panggung Internasional

Proses kurasi pada kompetisi CERIA bertajuk Cipta Rasa dimulai pada 27 Januari 2025 yang dselenggarakan oleh FnB Local Partner dalam kurun waktu seminggu. 
 

Author Oleh: Rosmery C Sihombing
28 Januari 2025
CERIA Chapter 3: Kota Bandung berlangsung mulai 27 Januari hingga 23 Februari 2025 di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. (Dok. Sokoguru/Fajar Ramadan)
 

DENGAN mengangkat produk pangan ubi Cilembu yang notabene  hanya bisa tumbuh di Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Opaper meluncurkan CERIA Chapter 3: Kota Bandung mulai 27 Januari hingga 23 Februari 2025 di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat


Dipilihnya ubi dalam ajang tersebut untuk melahirkan diversifikasi produk pangan berbahan ubi Cilembu.

 

Demikian disampaikan CEO Opaper, Joanathan Mclntosh, dalam keterangan pers beberapa waktu lalu di Bandung. Menurutnya, acara CERIA di Bandung sebagai lanjutan Program Cerita & Rasa Kuliner Nusantara CERIA yang dinilai berjalan sukses di Malang dan Yogyakarta pada 2024.

 

“Program CERIA hadir sebagai respon terhadap minimnya eksistensi kota-kota lain di Indonesia di mata masyarakat internasional. Ketika saya tinggal di San Fransisco, seluruh restoran Indonesia udah tutup. Susah buat nemu masakan Indonesia karena sulit bersaing. Bahkan kalau nanya orang-orang pasti mereka tahunya Bali doang,” ujarnya. 

 

Dengan pengalaman tersebut, lanjut perempuan yang akrab dipanggil Joa itu memutuskan untuk melakukan riset terhadap potensi pangan lokal di berbagai daerah untuk didiversifikasikan menjadi produk premium yang memiliki narasi menarik untuk dipromosikan ke berbagai negara. 

 

Baca juga: Serunya 'Nyeni di Braga' Bersama Disbudpar Kota Bandung: "Ngejam Bareng dan Seru-seruan"

 

“bagiku ini Indonesian pride aja, aku gak pengen ngejelasin indonesia itu apa? kita itu negara yang orang tahunya Bali doang, kekuatan ekologi kita, bisnis kita, industri, pariwisata kita, Indonesia bukan cuma Bali,” ungkapnya lagi. 

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar, mengapresiasi, langkah Opaper mendukung produk lokal untuk dipasarkan ke negara-negara lain, khususnya Australia. 

 

“Ini bisa memberikan semacam promosi,ini  gebrakan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Dengan ajang ini orang datang ke Indonesia, dan kita mempromosikan produk khas kita, sehingga ajang ini bisa menjadi upaya kita untuk mengenalkan kuliner khas Indonesia di negara lain dengan berbagai kearifan lokal yang kita miliki,” ungkapnya

 

Baca juga: Wagub Jabar Lepas Ekspor Ubi Cilembu Ke Hongkong

 

Dalam helatan CERIA Chapter 3 Kota Bandung, Opaper berkolaborasi dengan Owner Joongla, Mauludyyna dan Owner Bluedoors, Alvin yang akan menjadi kurator atas 500 restoran dan kafe mitra di CERIA by Opaper. 

 

Dalam helatan kali ini akan diselenggarakan kompetisi CERIA bertajuk Cipta Rasa. Proses kurasi akan dimulai pada 27 Januari 2025 yang dselenggarakan oleh FnB Local Partner dalam kurun waktu seminggu. 

 

FnB yang lolos proses kurasi akan diumumkan pada 3 Februari 2025 dan berkesempatan untuk mulai melakukan Research & Development untuk diperjualbelikan pada 10-20 Februari 2025. 

 

Baca juga: Le Braga: Destinasi Kuliner Baru yang Hidupkan Kembali Kejayaan Jalan Braga

 

Bagi pemenang terpilih, CERIA akan menggelar showcase diversifikasi produk pangan ubi cilembu dengan menggelar pameran yang dapat dikunjungi masyarakat umum.

 

Sementara, untuk para pemenang terpilih, mereka berkesempatan untuk mengikuti pameran produk di ajang Food and Wine Festival di Melbourne pada 22-23 Maret 2025 atas dukungan dari Atase Perdagangan Canberra dan Indonesian Culinary Association of Victoria (ICAV). 

 

Benny berharap dengan adanya program ini bisa mendukung produk-produk kuliner di Jawa Barat bisa memiliki marwah di kancah internasional.

 

“Kuliner ini kita mempunyai kekuatan, keotentikan ini yang menjadi tawarannya,” pungkasnya. (Fajar Radaman/SG-1)