MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, berharap media, khususnya Garuda TV, dapat semakin berperan dalam menyebarkan informasi terkait sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).
Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat melakukan kunjungan ke stasiun televisi lokal tersebut pada Jumat (13/9),di Jakarta.
Dalam kunjungannya, Sandiaga menggarisbawahi peran penting media sebagai bagian dari pentahelix, yang bertugas mengamplifikasi informasi dan memperkenalkan perkembangan terbaru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kepada masyarakat luas.
Baca juga: Santri Tangerang Dapat Bekal Keterampilan Digital Melalui Program Santri Digitalpreneur
“Lebih dari 50 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya di sektor ini, dan kontribusinya mencapai 12% dari total ekonomi Indonesia,” jelas Sandiaga.
“Oleh karena itu, peran media sangat penting dalam menyebarluaskan informasi seputar parekraf,” ungkap Sandiaga.
Prestasi Sektor Parekraf dan Harapan Publikasi
Sandiaga juga menyampaikan berbagai capaian penting yang telah diraih Kemenparekraf selama tahun 2024.
Capaiannya di antaranya adalah peningkatan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara, peningkatan peringkat Travel and Tourism Development Index (TTDI) Indonesia ke posisi ke-22 dunia, hingga kontribusi sektor ekonomi kreatif yang meningkat signifikan dalam nilai tambah dan ekspor.
“Kami berharap capaian-capaian ini dapat terus dipublikasikan secara luas dan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya,” tambahnya.
Baca juga: Sandiaga Uno Bahas Kerja Sama dengan Polandia untuk Kembangkan Industri Game
Media Baru yang Siap Bersinergi
Dalam kesempatan tersebut, Managing Director Garuda TV, Akhmad Sef, menyambut hangat kunjungan Menparekraf beserta jajaran pejabat Kemenparekraf.
Ia menyampaikan perkembangan Garuda TV yang baru mengudara secara digital dalam setahun terakhir namun sudah berhasil masuk ke jajaran 20 besar stasiun televisi di Indonesia, mengalahkan beberapa stasiun televisi ternama seperti MetroTV dan CNN pada beberapa kesempatan.
“Kami sudah hadir di 75 kota di Indonesia dan akan segera memperluas cakupan ke daerah lain seperti Papua,” kata Akhmad Sef.
Ia juga menambahkan bahwa Garuda TV memiliki misi untuk mengedukasi bangsa Indonesia dengan menyajikan berbagai program informatif dan inspiratif, termasuk olahraga untuk disabilitas seperti ASEAN Para Games.
Akhmad berharap agar Garuda TV bisa menjalin kolaborasi lebih erat dengan Kemenparekraf dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Dukung Pariwisata Daerah 3T
Fahmi M. Anwari, Direktur Keuangan Garuda TV, menambahkan bahwa Garuda TV berkomitmen untuk memperluas jangkauan siaran hingga ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk wilayah-wilayah yang berpotensi besar dalam sektor pariwisata.
“Kami berharap ini bisa mendukung program-program yang dijalankan Kemenparekraf,” ujarnya.
Dalam kunjungannya, Sandiaga juga berkeliling mengunjungi berbagai fasilitas Garuda TV, mulai dari ruang kerja karyawan, ruang meeting, hingga studio berita.
Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif Purbalingga Menuju Kesuksesan
Kunjungan ini diharapkan semakin mempererat kerja sama antara Kemenparekraf dan Garuda TV dalam mempromosikan sektor parekraf kepada masyarakat luas.
Garuda TV: Dari Digdaya TV ke Media Digital
Sebagai informasi, Garuda TV, yang sebelumnya dikenal sebagai Digdaya TV, resmi mengudara dengan nama baru pada 10 November 2021.
Pada 8 Agustus 2023, Garuda TV resmi beralih menjadi televisi digital terestrial dengan slogan "Bersama Anda Untuk Indonesia".
Sejalan dengan misinya, Garuda TV terus berupaya memberikan porsi lebih besar pada program-program edukasi dan menjaga semangat nasionalisme di kalangan masyarakat, terutama di daerah-daerah. (SG-2)