Soko Kreatif

Goldfinch Indonesia Diluncurkan RaihPasar Ekonomi kreatif Pasar Asia Tenggara

Potensi kerja sama yang bisa digali dengan Kemenekraf terkait pengembangan strategi yang lebih besar di Asia Tenggara

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
20 Februari 2025
Dok. Kemenekraf

UNTUK mengembangkan ekonomi kreatif yang dinamis di Indonesia, tiga perusahaan berkolaborasi meluncurkan Goldfinch Indonesia. Ketiga perusahaan itu adalah Goldfinch, PT Sinergi Corpora Utama (Synco Group) dan Goshen Group.

 

Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan langsung oleh  Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menekraf/Kabekraf), Teuku Riefky Harsya, yang sekaligus menerima audiensi Synco Group di kantornya. 

 

“Kemitraan antara Goldfinch, Synco, dan Goshen Group merupakan bukti komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif yang dinamis di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi Kemenekraf/Bekraf, Kamis (20/2).

 

Baca juga: Indonesia Floral Show 2025 akan Digelar di Bali, Kemenekraf Siap Dukung IPBI

 

Goldfinch yang berbasis di Inggris merupakan perusahaan terkemuka di bidang pengembangan ekosistem hiburan dan media global. Pengembangan lewat kemitraan strategis ini tentunya menjadi langkah pasar di pasar Asia Tenggara. 

 

Sedangkan Synco Group dan Goshen Group sebagai investor dalam negeri diharapkan bisa turut ambil bagian dalam industri ekonomi kreatif di Indonesia.

 

“Kemitraan ini akan mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus sebagai pusat industri kreatif,” ucap Menekraf Riefky.

 

Sementara itu Phil McKenzie selaku Co-Founder Goldfinch mengaku antusias dengan audiensi dan sangat berpotensi untuk menjalin kerja sama dengan Kemenekraf. 

 

Dia mengatakan potensi kerja sama yang bisa digali dengan Kemenekraf terkait pengembangan strategi yang lebih besar di Asia Tenggara, terutama di Indonesia seperti pendanaan, investasi, pengembangan talenta, dan penciptaan IP.

 

“Audiensi ini sangat menarik dan berpotensi besar untuk kerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif,” kata Phil McKenzie.

 

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan Indonesia sebagai hub kreatif, kulturnya, dan tujuan wisata global, serta menciptakan kesempatan bagi perusahaan dan pencipta internasional untuk bekerja dan menciptakan di Indonesia,” imbuhnya.

 

Di tempat yang sama, Direktur Pelaksana Goldfinch Indonesia Rafael Utomo mengatakan kemitraan ini bertujuan menciptakan ekosistem kreatif yang berkembang di Indonesia. 

 

Ekosistem ini diharapkan dapat mendukung bakat lokal dan menarik kemitraan internasional sehingga dapat memaksimalkan potensi kreatif Indonesia.

 

“Melalui kemitraan ini, kami bertujuan untuk menciptakan ekosistem kreatif yang berkembang di Indonesia,” ucap Rafael Utomo.

 

Dalam kegiatan itu Menekraf Riefky turut didampingi sejumlah pejabat Kemenekraf yaitu Deputi Bidang Kreativitas Digital dan Teknologi Muhammad Neil El Himam dan Deputi Bidang Pengembangan Strategis Ekraf Cecep Rukendi. (SG-1)