Soko Kreatif

Dengan Wajah Baru, Dyandra Promosindo Siap Pimpin Industri MICE

Perubahan logo menandai tonggak penting perjalanan Dyandra Promosindo untuk menjadi perusahaan terdepan dalam menghadapi tantangan industri MICE di Indonesia.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
02 Juli 2025
<p>Acara Launching Logo Baru Dyandra Promosindo di Jakarta. (Dok. Dyandra)</p>

Acara Launching Logo Baru Dyandra Promosindo di Jakarta. (Dok. Dyandra)

SOKOGURU, JAKARTA- Dengan logo barunya,  Dyandra Promosindo yang merupakan entitas anak dari PT Dyandra Media International, Tbk. mencerminkan arah baru perusahaan yang lebih segar dan dinamis serta menjadi pelecut semangat perusahaan untuk melangkah maju dalam menyambut tantangan masa depan.

Hal itu disampaikan Komisaris Dyandra Promosindo, Rina Radinal Maksum, dalam acara Launching Logo Baru Dyandra Promosindo di Jakarta, Selasa, 1 Juli 2025. 

“Ini adalah momen penting yang menandai langkah baru dalam perjalanan panjang Dyandra Promosindo. Sebagai bagian dari keluarga besar Dyandra sejak masa-masa awal, saya merasa bersyukur dan bangga bisa menyaksikan transformasi ini secara langsung,” ujarnya penuh rasa bangga.

Baca juga: Kolaborasi Kemenperin - Dyandra Promosindo Gelar Halal Indo 2024

Peluncuran logo baru itu, menurutnya, bukan sekedar perubahan visual, melainkan simbol dari semangat baru dan sebuah penanda bahwa pihaknya siap melangkah jauh menyesuaikan diri dengan kebutuhan masa kini, tanpa melupakan jati diri yang telah kami bangun selama puluhan tahun.

Dyandra Promosindo mengumumkan peluncuran logo baru. Perubahan logo ini menandai tonggak penting dalam perjalanannya  untuk selalu menjadi perusahaan yang terdepan dan adaptif dalam menghadapi tantangan industri MICE di Indonesia. 

Logo baru Dyandra Promosindo menampilkan huruf ‘D’, dengan desain  lebih modern dan dinamis merepresentasikan tiga nilai fundamental yang menjadi landasan perusahaan yaitu dedikasi, dinamika dan determinasi. Logo ini juga merupakan representasi visual dan transformasi perusahaan menuju masa depan yang lebih adaptif, kreatif, dan strategis. 

Baca juga: Angka Dikoreksi, IIMS 2025 Catatkan Transaksi Rp8 Triliun, Naik 19 Persen Dibanding Tahun Lalu

Lengkungan yang mengarah ke depan menggambarkan semangat untuk terus maju, menjelajah dan melampaui batas kolaborasi dan komunikasi yang terbuka. 

Tipografi yang tegas itu juga menjadi penegas jika Dyandra Promosindo bukan hanya sekedar nama, melainkan komitmen jangka panjang untuk menghadirkan pengalaman yang bermakna dalam setiap penyelenggaraan acara. 

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, mengatakan, logo baru tersebut menandai babak baru dalam perjalanan Dyandra Promosindo dengan identitas yang lebih kuat lebih terbuka dan lebih agile. 

Baca juga: IIMS Surabaya 2025 Digelar 28 Mei hingga 1 Juni 2025, Magnet bagi Pecinta Otomotif di Jawa Timur

Hal itu sejalan dengan perubahan industri dan ambisi besar perusahaan untuk menjadi Professional Exhibition & Event Organizer  (PEO) terbesar dan terpercaya di Asia. 

“Dyandra sebagai bagian penting dari ekosistem MICE menyadari agar tetap relevan dan menjadi yang terdepan kami harus beradaptasi. Maka dari itu lahirlah logo baru ini sebagai simbol dari perjalanan dan visi Dyandra Promosindo. Melalui logo baru ini, Dyandra Promosindo ingin menunjukkan bahwa kami siap menyambut masa depan dengan lebih agile, lebih strategis, dan lebih kreatif,” ucapnya.

Daswar menambahkan, dengan logo baru ini diharapkan menjadi penyemangat Dyandra Promosindo untuk menjadi pionir dalam industri MICE di Indonesia. 

Perusahaan akan terus fokus pada pengembangan pameran dan acara yang relevan, inovatif, dan memberikan dampak positif bagi berbagai sektor, termasuk memperkuat portofolio acara yang sudah ada, serta menjajaki peluang baru untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Harapan itu sejalan dengan filosofi dari logo baru yang mencerminkan arah strategis perusahaan dengan penyelenggaraan event berbasis teknologi, pengelolaan brand secara berkelanjutan serta penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang adaptif dan berintegritas.

 Sehingga harapan menjadi leader sebagai perusahaan MICE di tingkat nasional dan regional bisa terwujud. 

“Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi kreatif Indonesia, kami meyakini bahwa transformasi adalah kunci untuk terus bertahan dan berkembang. Dyandra Promosindo semangat menyongsong babak baru dengan semangat kolaborasi yang lebih adaptif, kreatif, dan strategis,” imbuh Daswar.

 

Catatkan Kinerja Positif

Lebih lanjut, Daswar menjelaskan, Dyandra Promosindo Catatkan Kinerja Positif di Semester I-2025.

Selama semester itu, pihaknya sukses menggelar sejumlah event prestisius berskala internasional maupun nasional yang menarik perhatian publik. 

Beberapa pameran yang sukses digelar pada semester I-2025 meliputi Willow Baby Expo 2025,  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, Indonesia International Furniture Expo (IFEX),  International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference (IFRA) X Indonesia Culinary Expo, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2025, The 49th Indonesia Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex), Indonesia Forestry and Woodworking Machinery Expo, Indonesia International Motor Show Surabaya 2025. 

Tercatat selama periode 6 bulan pertama, perusahaan mencatatkan total lebih dari 800 ribu peserta dan lebih dari 2.000 peserta asal dalam dan luar negeri. 

Kesuksesan tidak hanya berdampak baik bagi kinerja perusahaan, tapi juga memberikan dampak positif bagi pelaku industri terkait dan perekonomian secara keseluruhan. 

Berkat kesuksesan itu, Dyandra Promosindo juga dipercaya oleh beberapa partner dari dalam dan luar negeri untuk membantu dalam penyelenggaraan event. 

Beberapa project yang pernah diselenggarakan selama 6 bulan pertama di tahun 2025 adalah BRI UMKM Expo (RT), 3rd OBIC Workshop, Sarasehan Ekonomi Bersama Presiden Republik Indonesia. 

Berkat nama besar serta rekam jejak yang baik, Dyandra Promosindo dipercaya untuk sama-sama menyelenggarakan event dengan partner luar negeri. 

Terbaru adalah event World of Coffee Jakarta 2025 bersama dengan Exporum Korea, Speciality Coffee Association (SCA) dan Speciality Coffee Association Indonesia (SCAI). 

Sebelumnya, Dyandra Promosindo juga pernah menyelenggarakan dan ikut serta dalam acara-acara di luar negeri seperti ASEAN Energy Business Forum (AEBF) 2024 di Laos bersama dengan ASEAN Centre for Energy.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah kami raih di Semester I 2025. Kesuksesan ini adalah buah dari kerja keras tim, dukungan mitra, serta kepercayaan dari seluruh peserta dan pengunjung. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pengalaman terbaik dalam setiap event yang kami selenggarakan,” lanjut Daswar.

Tren positif itu, sambungnya, dijadikan acuan oleh perusahaan untuk menatap masa depan. Membawa semangat baru pasca peluncuran logo anyar, Dyandra Promosindo siap menghadirkan rangkaian event yang lebih dinamis, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan pasar. 

Rangkaian event Dyandra Promosindo masih berlangsung di Semester-II 2025 yakni:

  • Jakarta Wedding Festival akan berlangsung 15-17 Agustus 2025, kemudian International Franchise 
  • License and Business Concept Expo & Conference (IFRA)- Phase II diselenggarakan pada 29-31 Agustus 2025. 
  • PROJEK-D VOL-4 berlangsung 30-31 Agustus 2025 
  • Willow Baby Expo 2025 VOL.2 pada 4-7 September 2025 
  • Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) berlangsung 25-28 September 2025. 

Kemudian di tahun 2026 mendatang, Dyandra Promosindo sudah siap menyelenggarakan pameran-pameran unggulan, di antaranya:

  • Indonesia Women Fest 2026 yang akan diselenggarakan pada 30 Januari - 1 Februari 2026 
  • Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 5-15 Februari 2026
  • Indonesia International Furniture Expo (IFEX) pada 5-8 Maret 2026
  • Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention & Exhibition 2026 pada 19 - 21 Mei 2026.

Lewat rangkaian acara yang siap digelar itu, Daswar mengatakan, Dyandra Promosindo optimistis kinerja perusahaan akan lebih meningkat serta bisa berkontribusi besar terhadap kemajuan industri MICE dan perekonomian nasional. 

“Kami optimistis, semester II-2025 akan menjadi periode yang tidak kalah produktif. Perusahaan telah merancang berbagai event menarik dengan konsep yang lebih segar sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan pasar. Kami juga mengajak seluruh pelaku industri dan masyarakat untuk turut serta dalam rangkaian event kami, baik sebagai peserta maupun pengunjung," jelasnya lagi.

Dyandra Promosindo melalui induk perusahaannya yaitu PT Dyandra Media Internasional, Tbk. merupakan satu-satunya penyelenggara event yang masuk pada bursa saham.

Perusahaan terus melakukan inovasi agar bisa mengikuti perkembangan industri yang begitu cepat. Pada 2020, perusahaan menyelenggarakan memulai langkah inovasi dengan menyelenggarakan event secara hybrid alias online dan offline.

Sampai dengan tahun ini, Dyandra Promosindo tercatat memiliki beberapa anak usaha yang berfokus pada bisnis Professional Event & Exhibition Organizer, Promotor Musik, Brand Activation dan Digital Agency, yaitu PT Dyandra Communication, PT Kerabat Dyan Utama, PT Fasen Creative Quality, PT Debindo Mitra Tama, PT Dyandra Global Edutainment, PT Dyan Kreasi Indonesia, PT Mavic Dyandra Internasional, PT Mitra Natura Raya, PT Mitra Global Animalia, PT Dyandra Mitra Indah. (SG-1)