Keuangan

CEO Tiktok Dukung UMKM Indonesia Ke Pasar Global

Tiktok Shop berada di urutan ke-4 sebagai toko daring populer di Indonesia.

By Sokoguru  | Sokoguru.Id
21 Juni 2023
Shou Zi Chew CEO Tiktok bertemu dengan Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan.

Platform Tiktok kian populer di Indonesia. Bahkan menjadi pasar terpenting di dunia dan Asia Tenggara. Khususnya yang menjadikan Tiktok sebagai sarana untuk berjualan melalui layanan Tiktok Shop.

Menurut Shou Zi Chew, CEO Tiktok saat ini, ia berharap agar UMKM Indonesia bisa memanfaatkan berbagai layanan yang ada di Tiktok untuk menjangkau pasar global.

Kunjungan Shou Zi Chew ini bagian dari program Southeast Asia Impact Forum 2023 dan telah bertemu dengan beberapa menteri, seperti Zulkifli Hasan, Sandiaga Uno, dan Luhut Binsar Panjaitan. 

Dalam pertemuan ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mengakui Tiktok menjadi salah satu media digital yang membantu para UMKM Indonesia. Ia berharap agar Tiktok bersedia mendorong terus keberadaan berbagai produk lokal dari Indonesia agar semakin dikenal di pasar global. 

"UMKM on boarding melalui pelatihan, kurasi produk, serta penyediaan fasilitas ruang promosi bagi hasil produksi dalam negeri,” ujarnya dalam pertemuan hari ini.

Saat ini, TikTok tidak hanya menjadi platform video sharing dan media sosial, tetapi juga telah mengembangkan fitur TikTok for Business, TikTok Shop dan TikTok Ads.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2023, TikTok Shop berada di urutan ke-4 setelah Shopee, Lazada, dan Tokopedia sebagai toko daring yang sering digunakan.