SAH Tiktok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup Goto) jalin kemitraan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kolaborasi ini difokuskan pada pemberdayaan dan perluasan pasar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) nasional.
“TikTok akan berinvestasi lebih dari Rp23 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa adanya dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” tulis rilis yang dikirim Corporate Affairs Grup GoTo | corporate.affairs@gotocompany.com, Senin, (11/12).
Transaksi tersebuti diperkirakan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan itu sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi perluasan pasar.
Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite yang akan memfasilitasi transisi dan integrasi, dengan Patrick Walujo sebagai ketua dan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.
Dalam transaksi itu, penasihat keuangan untuk Grup GoTo, Goldman Sachs, menegaskan, pentingnya dan kompleksitasnya kemitraan strategis antara GoTo dan TikTok.
Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok mengambil kendali atas PT Tokopedia. Fitur belanja di aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Melalui kesepakatan itu, TikTok dan GoTo berharap dapat meningkatkan manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia. Pertumbuhan bersama Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia diharapkan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan terus menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.
Jangkauan pasar yang lebih luas melalui layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.
Sinergi untuk UMKM lebih berdaya
Sinergi Tiktok sebagai platform entertainment global terkemuka dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) sebagai ekosistem digital terbesar Indonesia dalam memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce, dengan tujuan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
Lebih dari 90% pedagang yang terlibat adalah pelaku UMKM, dan mereka akan mendapatkan dukungan melalui program-program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo, termasuk promosi produk, peningkatan kapasitas UMKM, dukungan pemasaran, branding, akses pasar internasional, pembukaan pusat pengembangan talenta digital, dan menciptakan lokapasar yang mendukung persaingan yang sehat.
Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba di bawah konsultasi dan pengawasan dari kementerian dan lembaga terkait. Program uji coba ini akan dimulai dengan kampanye Beli Lokal pada 12 Desember 2023, seiring dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Indonesia - inisiatif pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM lokal.
Kampanye Beli Lokal akan dipromosikan di aplikasi Tokopedia dan TikTok, fokus utamanya pada produk-produk asli Indonesia. (SG-1)