SEBANYAK 10 merek fesyen dan aksesori unggulan Indonesia siap bersinar di ajang bergengsi Paris Fashion Week Koleksi Musim Semi/Panas 2025.
Pameran eksklusif ini akan berlangsung di L’adresse Showroom yang digelar pada 28-30 September 2024 di Venue Carrousel du Louvre, Paris, Prancis.
Keikutsertaan Indonesia dalam ajang internasional ini menunjukkan komitmen kuat Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mendorong perkembangan industri kreatif dalam negeri, khususnya di sektor fesyen.
Baca juga: Fashion Show dan Lomba Fotografi Meriahkan Bandung Great Sale 2024
"Ini merupakan bentuk nyata dukungan Kemendag terhadap penguatan industri fesyen Indonesia di kancah global," ujar Atase Perdagangan Paris, Ruth Joanna Samaria dalam siaran persnya, Kamis (16/9).
Sepuluh merek lokal yang terpilih untuk tampil di panggung dunia ini adalah Christin Wu (produk sepatu), Artkea, Jenna & Kaia, Shiroshima, Khasoe, dan Adia Lavani (busana siap pakai), Party dan Varyan (tas), serta Jewel Rocks dan Aidan and Ice (perhiasan).
Ini menjadi keikutsertaan Indonesia yang ke-6 dalam Paris Fashion Week selama tiga tahun berturut-turut.
Pameran L’adresse Showroom ini secara resmi tercatat dalam agenda Paris Fashion Week dan dapat diakses melalui situs resmi FHCM (Fédération de la Haute Couture et de la Mode), dengan tema khusus "Talents Indonesia: Welcome to Paris."
Stan pameran Indonesia akan menempati area seluas 30 meter persegi, menawarkan ruang bagi merek-merek lokal untuk memikat audiens global.
Baca juga: Mendag Zulhas: Kolaborasi Wujudkan Indonesia Kiblat Modest Fashion Dunia
Kerja sama yang solid antara Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kedutaan Besar RI di Paris, Pemprov DKI Jakarta, serta L’Adresse Paris Agency** sebagai kurator telah mengantarkan produk-produk fesyen Indonesia menuju sorotan internasional.
Selain tampil di showroom, para pemilik merek fesyen Indonesia juga dijadwalkan mengunjungi institusi fesyen bergengsi di Prancis, Institut Français de la Mode (IFM), serta salah satu ritel terbesar di Paris, *Printemps.
Ruth berharap, semakin banyak pelaku industri fesyen tanah air yang mengikuti jejak ini.
"Kami mengajak lebih banyak merek kreatif Indonesia untuk ambil bagian dalam pameran internasional seperti Paris Fashion Week," tegasnya.
Baca juga: Pekan Kreativitas Jabar 2024 Sajikan Fashion Show ‘Wastra Local Goes to International’
Selain dukungan promosi, perwakilan dagang di Paris juga berkomitmen memfasilitasi pertemuan bisnis antara pelaku usaha nasional dan pembeli internasional.
Sementara itu, Duta Besar RI untuk Prancis, Mohamad Oemar, menambahkan bahwa KBRI Paris telah berkomitmen untuk terus membawa produk kreatif terbaik Indonesia ke panggung dunia.
Dalam tiga tahun terakhir, KBRI Paris secara konsisten berkoordinasi dengan Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), penyelenggara resmi Paris Fashion Week, untuk memperkuat kehadiran Indonesia di ajang ini.
Dengan semangat dan dukungan penuh, Indonesia kini siap memperkenalkan kreativitas dan kualitas produknya kepada dunia.
Indonesia juga menjadikan Paris Fashion Week 2025 sebagai langkah besar bagi merek-merek fesyen Tanah Air menuju panggung internasional.(SG-2)