Ekonomi

Kementerian UMKM Luncurkan Logo Baru dengan Simbol Harapan dan Kebangkitan

Logo baru ini berbentuk lilin yang memancarkan cahaya, menggambarkan semangat terang di tengah kegelapan. 

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
15 Januari 2025
Kementerian UMKM memperkenalkan logo barunya yang terinspirasi dari filosofi lilin, sebuah simbol yang mencerminkan harapan dan kebangkitan. (Ist/Kementerian UMKM)

KEMENTERIAN Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memperkenalkan logo barunya yang terinspirasi dari filosofi lilin, sebuah simbol yang mencerminkan harapan dan kebangkitan. 

 

Peluncuran logo baru Kementerian UMKM berlangsung di tengah keramaian Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada Rabu (15/1), dan diresmikan oleh Menteri UMKM, Maman Abdurahman.

 

Logo baru ini berbentuk lilin yang memancarkan cahaya, menggambarkan semangat terang di tengah kegelapan. 

 

Baca juga: Menteri UMKM Lantik Pejabat di Pasar Tanah Abang sebagai Simbol Kedekatan dengan Rakyat

 

Dalam pidatonya, Maman Abdurahman menjelaskan makna mendalam dari logo ini, yang diharapkan menjadi simbol inspirasi bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

 

"Setiap dari kita pernah berada di tempat yang gelap. Ketika kita pergi ke tempat gelap, itu adalah cara Allah subhanahu wa ta'ala mempersiapkan kita untuk memahami arti dari terang," ujar Maman. 

 

Selalu Ada Harapan dan Peluang untuk Bangkt dan Sukses

 

Filosofi ini menegaskan bahwa dari setiap tantangan dan kegagalan, ada harapan dan peluang untuk bangkit dan meraih keberhasilan.

 

Maman juga memberikan pesan kepada para pelaku UMKM agar tidak takut pada kegagalan, melainkan melihatnya sebagai bagian dari proses menuju kesuksesan. 

 

Baca juga: Wamendag Dorong UMKM Bali Perluas Pasar Lewat Pameran

 

"Lilin ini adalah simbol dari keberadaan bapak-bapak dan ibu-ibu. Jangan pernah mengutuk kegagalan, karena dari kegagalan itu, arti keberhasilan akan terasa lebih manis," tambah Maman..

 

Peluncuran logo baru ini juga bertepatan dengan pelantikan pejabat eselon satu dan dua Kementerian UMKM, yang turut dilakukan di Pasar Tanah Abang. 

 

Lokasi ini dipilih sebagai bentuk simbolis bahwa Kementerian UMKM ingin selalu dekat dengan masyarakat, terutama para pelaku usaha kecil.

 

Logo baru ini mengukuhkan komitmen Kementerian UMKM untuk terus menjadi penerang bagi sektor UMKM di Tanah Air, memberikan dukungan dan motivasi agar mereka tetap semangat dalam menghadapi berbagai tantangan. 

 

Baca jugaPemda Harus Aktif Dukung UMKM Kelompok Tani Maksimalkan Potensi Lokal

 

"Kami ingin menunjukkan bahwa Kementerian UMKM akan selalu hadir di tengah masyarakat, menjadi mitra yang setia bagi para pelaku usaha," pungkas Maman.

 

Dengan logo baru ini, Kementerian UMKM berharap dapat mendorong semangat inovasi dan kebangkitan di kalangan pelaku usaha, menjadikan mereka pilar yang kuat dalam perekonomian Indonesia. (Fajar Ramadan/SG-2)