Soko Bisnis

Strategi Promosi UMKM di Bulan Ramadan, Bisa Dapat Keuntungan Maksimal

Melakukan promosi produk di bulan Ramadan, pelaku UMKM bisa meraih keuntungan maksimal dari penjualan. Selain itu, UMKM juga perlu berinovasi terkait produknya.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
01 Maret 2025

Ilustrasi dua perempuan sedang berbincang merancang strategi pemasaran produk usaha. Berikut strategi promosi UMKM di bulan Ramadan agar tetap memperoleh keuntungan maksimal. (Foto: Freepik).

SOKOGURU - Bulan Ramadan merupakan momen emas untuk meningkatkan penjualan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dengan adanya perubahan perilaku pada konsumen, yang cenderung lebih aktif berbelanja pada bulan suci ini.

Strategi promosi UMKM yang tepat dapat lebih banyak menarik perhatian pelanggan dan memperluas pasar.

Berikut Strategi Promosi UMKM di Bulan Ramadan

1. Kenali Karakteristik Konsumen

Di bulan Ramadan ini, biasanya terjadi peningkatan belanja baik kebutuhan berbuka puasa, sahur maupun untuk lebaran.

Untuk itu, pelaku UMKM bisa fokus pada produk makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan lainnya. Jangan lupa sesuaikan strategi promosi dengan kebutuhan konsumen.

2. Paket Promosi Menarik

Dengan menawarkan bundling produk atau diskon spesial Ramadan, bisa pelanggan akan lebih tertarik, contoh paket buka puasa bersama, paket persiapan lebaran.

Selain itu, membuat promosi menarik dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

3. Gunakan Email Marketing

Jangkau pelanggan setiap dengan promo spesial, dan kode diskon. Desain email menarik dengan pesan singkat dan jelas. Berikan informasi terkait produk baru yang relevan.

4. Manfaat Media Sosial

Pelaku UMKM juga bisa menggunakan platform seperti Instagram, TikTok hingga Facebook untuk melakukan kampanye promosi produk.

Buatlah konten visual yang menarik dengan nuansa Ramadan, dan jangan lupa ketika mempublish konten promosi gunakan hastag (tagar) yang relevan.

5. Menggandeng Influencer atau Komunitas

Pilih dan tentukan influencer yang sesuai dengan target sasaran, atau kolaborasi dengan komunitas tertentu untuk memperluas jangkauan.

6. Layanan Pengiriman Cepat

Kerja sama dengan jasa pengiriman terpercaya, kemudian tawarkan promo ongkos kiri atau gratis ongkir. Sehingga bisa memberi pelanggan mencari kemudahan dalam berbelanja.

7. Optimalkan Website dan Toko Online

Sesuaikan tampilan situs web/toko online dengan nuansa Ramadan. Tambahkan juga banner promo, hingga fitur pencarian mudah. Dan pastikan website mudah diakses.