SOKOGURU - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengumumkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Kesejahteraan Rakyat (BLT Kesra), untuk triwulan IV tahun 2025.
Dana BLT Kesra 2025 ini diberikan untuk periode tiga bulan, Oktober, November, dan Desember dengan rincian Rp300 ribu per bulan, yang disalurkan sekaligus jadi total Rp900 ribu.
Penyaluran BLT Kesra Rp900 ribu dimulai sejak Senin, 20 Oktober 2025 lalu. Mekanisme pencairan dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), dan PT Pos Indonesia.
Target penerima BLT Kesra 2025 adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang tergolong dalam kategori desil 1-4 berdasarkan data dari Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional (DTSEN).
Meski jadwal pencairan telah dimulai sejak 20 Oktober lalu, tetapi masih banyak penerima yang mungkin belum juga menerima pencairan dana BLT Kesra Rp900 ribu.
Lantas, apa penyebab dana BLT Kesra Rp900 ribu belum masuk rekening?
Berikut adalah sejumlah faktor utama yang dapat menjelaskan keterlambatan pencairan dana BLT Kesra Rp900 ribu tersebut.
1. Penyaluran Dilakukan Secara Bertahap
Dana BLTS Kesra disalurkan melalui berbagai kanal, termasuk bank Himbara dan PT Pos Indonesia, mulai tanggal 20 Oktober 2025.
Penting untuk diketahui bahwa penyaluran dana ini dilakukan secara bertahap, bukan serentak.
Jika Anda belum menerima dana, kemungkinan besar nama Anda masih berada dalam antrean proses transfer.
2. Adanya Ketidaksesuaian Data Penerima
Alasan penting lain yang menyebabkan dana belum cair adalah ditemukannya ketidaksesuaian data penerima dalam sistem DTSEN.
Oleh karena itu, penerima wajib memastikan bahwa data diri, termasuk nomor rekening yang terdaftar di laman DTSEN, sudah benar dan valid.
3. Kendala Proses Pencairan Melalui PT Pos Indonesia
Bagi masyarakat yang memiliki masalah dengan rekening bank, pengambilan BLT Kesra bisa dilakukan di Kantor Pos.
Namun, proses penyaluran melalui PT Pos Indonesia dilaporkan belum dapat dilakukan pada waktu bersamaan dengan bank.
Cara Melaporkan BLT Kesra yang Belum Cair
Jika Anda yakin sudah memenuhi syarat tetapi dana BLT Kesra Rp900.000 tak kunjung cair, atau jika Anda ingin melaporkan ketidaksesuaian data, Anda bisa menghubungi saluran resmi pengaduan Kementerian Sosial:
Hotline Bansos Kemensos: 0811-10-222-10
SMS: 1708 (untuk provider Telkomsel, Indosat, dan 3)
Media Sosial X (Twitter): @lapor1708
Email: bansos@kemensos.go.id
Masyarakat juga dianjurkan untuk selalu memantau informasi terbaru terkait bansos melalui media sosial resmi Kemensos, seperti akun Instagram @kemensosri. (*)