SokoBisnis

Kemendag Fasilitasi Kerja Sama Ekspor Makanan Siap Saji Perusahaan Indonesia ke Arab Saudi

PT Halalan Thayyiban Indonesia memenuhi kebutuhan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. 4J Company Limited menyediakan konsumsi bagi jemaah haji Indonesia.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
26 Agustus 2025
<p>Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Management Representative PT Halalan Thayyiban Indonesia Arif Bilal dan Managing Director 4J Company Limited Yousef Jan, Sabtu, 23 Agustus 2025 di Jeddah, Arab Saudi. (Dok. ITPC) Jeddah)</p>

Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Management Representative PT Halalan Thayyiban Indonesia Arif Bilal dan Managing Director 4J Company Limited Yousef Jan, Sabtu, 23 Agustus 2025 di Jeddah, Arab Saudi. (Dok. ITPC) Jeddah)

SOKOGURU, JEDDAH- Perusahaan jasa dan katering dari Arab Saudi, 4J Company Limited akan membeli produk makanan siap saji dari PT Halalan Thayyiban Indonesia senilai USD12 juta atau sekitar 268,29 miliar. 

Kerja sama dua perusahaan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang difasilitasi oleh Kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah. 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Management Representative PT Halalan Thayyiban Indonesia Arif Bilal dan Managing Director 4J Company Limited Yousef Jan, Sabtu, 23 Agustus 2025 di Jeddah, Arab Saudi. Penandatanganan ini disaksikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Fajarini Puntodewi dan didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arief Wibisono, serta Kepala ITPC Jeddah Bagas Haryotejo.

Baca juga: NanasQu Purbalingga, Manisnya Terasa Hingga Tiongkok, Korea Selatan, dan Arab Saudi

Demikian keterangan resmi Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang diterima Sokoguru, Selasa, 26 Agustus 2025.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia dan Arab Saudi, khususnya di sektor penyediaan konsumsi jemaah haji.

Secara terpisah, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengapresiasi penandatangan MoU tersebut. Ia menyampaikan, segala upaya peningkatan ekspor akan terus dilakukan pemerintah. 

Baca juga: Saudi Food and Drugs Authoritym Bakal Loloskan Ikan Budi Daya Indonesia Masuk Pasar Arab Saudi

“Segala upaya untuk meningkatkan ekspor terus dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara signifikan, termasuk mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjadi eksportir melalui program Kemendag, yaitu UMKM Berani Inovasi, Siap Adaptasi Ekspor (UMKM BISA Ekspor),” katanya.

Dalam kerja sama antara kedua pelaku usaha itu, PT Halalan Thayyiban Indonesia bertindak sebagai eksportir dari Indonesia untuk menyediakan produk makanan siap saji (ready to eat meal) berkualitas tinggi dan halal. Eksportir tersebut bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi dengan 4J Company Limited, importir asal Arab Saudi yang mendapatkan mandat menyediakan konsumsi bagi jemaah haji Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kemendag, Fajarini Puntodewi, menegaskan komitmen Indonesia mendukung pemenuhan kebutuhan jemaah haji Indonesia sebagai upaya mendorong ekspor.

Baca juga: Kemendag Ajak UMKM Rambah Pasar Arab Saudi Lewat Pameran Made in INDONESIA EXPO 2025

“Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag akan terus mendorong dan memfasilitasi berbagai bentuk kerja sama usaha antara importir Arab Saudi dan eksportir produsen Indonesia, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan jemaah haji Indonesia,” ujarnya.

Kerja sama tersebut, sambung Puntodewi,  menjadi pengerek dalam peningkatan ekspor Indonesia ke Saudi Arabia. Berbagai peluang tengah dijajaki agar produk-produk selain makanan dan minuman juga dapat masuk pasar Arab Saudi.

Sementara itu, Managing Director 4J Company Limited Yousef Jan mengatakan, pihaknya sangat senang bekerja sama dengan PT Halalan Thayyiban. 

“Dengan perjanjian tersebut, kami harap kerja sama dapat terus berlanjut dengan baik untuk memenuhi kebutuhan para jemaah pada musim haji tahun depan dan tahun-tahun yang akan datang,” ujarnya. 

Nilai ekspor Indonesia ke Arab Saudi pada periode Januari—Juni 2025 adalah USD1,70 miliar atau meningkat 49,53% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD 1,14 miliar. 

Peningkatan nilai ekspor pada periode tersebut turut disumbang ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Arab Saudi sebesar USD134 juta atau meningkat 4,03% dari periode yang sama tahun sebelumnya. (SG-1)