SokoBisnis

Intip Strategi Jitu UMKM Hadapi Penurunan Omzet pasca Lebaran

Penurunan permintaan pasca Ramadan dan Lebaran Idul Fitri, dari sebelumnya berbelanja besar-besaran kini mulai berkurang dan berdampak pada omzet UMKM merosot.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
03 April 2025

Ilustrasi pelaku usaha. Berikut strategi UMKM menghadapi tantangan pasca Lebaran. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setelah menuai hasil besar selama Ramadan dan Lebaran 2025, justru harus siap menghadapi tantangan serius di depan.

Tantangan tersebut, merupakan penurunan permintaan pasca Ramadan dan Lebaran Idul Fitri. Masyarakat yang sebelumnya, berbelanja besar-besaran kini mulai berkurang dan berdampak pada omzet UMKM merosot.

Direktur Utama Moladin Finance Indonesia (MOFI), Mulyadi menegaskan, periode pasca Lebaran menjadi momen krusial bagi pelaku usaha.

"Mengandalkan model bisnis tradisional saja dapat membatasi potensi pertumbuhan. Diversifikasi pendapatan bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan strategis," kata Mulyadi, seperti dikutip dari siaran pers.

Lantas, bagaimana UMKM bisa tetap bertahan dan bahkan tumbuh di tengah perubahan momen tersebut.

Berikut Strategi yang Bisa Diterapkan:

1. Perluas Lini Produk atau Layanan

Jangan hanya bergantung pada satu jenis produk, UMKM perlu menambah variasi sesuai tren pasar.

Misalnya, bisnis kuliner bisa menawarkan menu sehat atau katering harian agar arus pendapatan tetap stabil.

2. Maksimalkan Saluran Digital

Di era digital, pemasaran online bukan lagi opsi melainkan sebuah keharusan. Manfaatkan e-commerce, media sosial, hingga layanan pesan antar untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

3. Bangun Kemitraan Strategis

Kolaborasi dengan bisnis lain bisa jadi solusi cerdas. Misalnya, bisnis pakaian bisa menggandeng produsen aksesori untuk membuat paket bundling yang menarik.

4. Akses Pembiayaan yang Fleksibel

Pendanaan adalah faktor kunci untuk ekspansi dan inovasi. Dengan keuangan fleksibel, UMKM bisa terus tetap bertumbuh.

Dengan strategi ini, UMKM bisa tetap tangguh menghadapi tantangan pasca Lebaran. Ingat, adaptasi merupakan kunci untuk bertahan dan berkembang.