Kreatif

Program "Beti Dewi" Kemenparekraf, Mudahkan Liburan Ke Desa-Desa

Program Program "Beti Dewi" yang dicanangkan dari tahun 2022 lalu rencananya akan mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Beti Dewi sendiri merupakan program yang diklaim akan mendatangkan banyak wisatawan ke desa-desa.

sumber: Jurnal IDN

Sokoguru.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia meluncurkan program "Beti Dewi (Beli Kreatif Desa Wisata)" yang bertujuan untuk mempromosikan desa wisata di Indonesia dan meningkatkan pendapatan para pelaku usaha di sektor pariwisata.

Program Beti Dewi merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengembangkan desa wisata di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Program ini mengajak masyarakat untuk membeli produk kreatif yang dihasilkan oleh para pelaku usaha di desa wisata, seperti produk kerajinan tangan, makanan khas, dan suvenir.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa program Beti Dewi akan membantu menggerakkan ekonomi di desa wisata dan meningkatkan daya tarik wisata di Indonesia. "Kita ingin mengajak masyarakat untuk membeli produk kreatif yang dihasilkan oleh para pelaku usaha di desa wisata, sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka," ujarnya.

Menteri Sandiaga menambahkan bahwa program ini juga dapat membantu meningkatkan kunjungan wisata ke desa-desa wisata di Indonesia. "Dengan mempromosikan produk kreatif dari desa wisata, kita juga dapat meningkatkan daya tarik wisata di Indonesia dan mengembangkan potensi pariwisata di daerah," tambahnya.

Program Beti Dewi akan diluncurkan secara bertahap di berbagai daerah di Indonesia. Kemenparekraf Indonesia akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha di desa wisata untuk mempromosikan produk kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

Masyarakat yang ingin membeli produk kreatif dari desa wisata dapat mengakses platform online yang disediakan oleh Kemenparekraf Indonesia. Selain itu, pihak Kemenparekraf juga akan mengadakan berbagai kegiatan promosi dan pameran produk di berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Sandiaga berharap program Beti Dewi dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa wisata dan memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia kepada dunia. "Kita ingin masyarakat Indonesia dan dunia mengenal keindahan dan kekayaan desa wisata di Indonesia, serta membeli produk kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat setempat," tutupnya.