SOKOGURU - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok. Namun, tidak semua penerima terus aktif.
Beberapa nama bisa dinonaktifkan karena data tidak valid atau tidak diperbarui secara berkala dalam DTKS.
Alasan Penerima BPNT Bisa Dinonaktifkan
Penting untuk mengetahui mengapa BPNT Anda bisa tidak aktif agar bisa melakukan koreksi. Umumnya, disebabkan oleh administrasi dan verifikasi.
- Data NIK tidak sinkron dengan Dukcapil
- Tidak melakukan pembaruan data di kelurahan/desa
- Sudah tidak memenuhi kriteria penerima bansos
Jika Anda merasa masih layak, segera lakukan daftar ulang agar kembali mendapatkan bantuan.
Cara Daftar Ulang Penerima BPNT
Proses daftar ulang BPNT dilakukan secara offline ke dinas sosial atau kantor desa. Tidak bisa melalui aplikasi mandiri saat ini.
- Datangi kantor desa/kelurahan dengan membawa KTP dan KK
- Tanyakan status bantuan Anda dan mintalah formulir pembaruan
- Isi data dengan benar dan lengkap sesuai KK dan kondisi ekonomi
- Petugas akan menginput kembali ke sistem DTKS
Setelah diinput, nama Anda akan masuk tahap verifikasi oleh Dinas Sosial. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu.
Baca Juga:
Tips Agar Nama Kembali Aktif sebagai Penerima
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar peluang diterima kembali. Salah satunya adalah keterbukaan dalam memberikan informasi.
- Sertakan bukti pendukung seperti surat keterangan tidak mampu
- Pastikan data KK dan KTP terbaru dan valid
- Cek status di aplikasi Cek Bansos secara berkala
Perlu diingat, meskipun sudah daftar ulang, keputusan akhir tetap pada Kemensos dan Dinas Sosial daerah.
BPNT disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di agen e-warong. Pastikan Anda menyimpan kartu tersebut jika sudah pernah terdaftar.
Jika pengajuan berhasil, Anda akan menerima SMS pemberitahuan atau bisa cek mandiri di aplikasi Cek Bansos. (*)