Pariwisata

7 Cara Jitu Menang dalam Ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI)

ABBI 2023 ini akan dilaksanakan pada 15 Desember 2023. Dan untuk saat ini, pelaku usaha yang menjadi finalis membutuhkan dukungan suara dalam ajang ini.

Dok. Kemenparekraf

Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) akan kembali digelar pada 15 Desember mendatang. Dukungan agar terselenggaranya acara turunan dari Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) turut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di acara "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Jakarta, Senin (27/11) 


“ABBI 2023 ini sangat strategis, karena saat peluncuran 14 Mei 2020 kita ingin ada penambahan UMKM yang onboarding ke platform marketplace, dan di akhir 2021 seinget saya ada 20 juta, mulanya 15 juta, tapi targetnya 30 juta di tahun 2024. Dan kita sekarang menggagas Anugerah Bangga Buatan Indonesia,” ucap Sandiaga seperti dilansir Kemenparekraf.go.id. 


Plt. Asdep Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Liz Zeny Merry, mengatakan ABBI 2023 ini akan dilaksanakan pada 15 Desember 2023. Dan untuk saat ini, pelaku usaha yang menjadi finalis membutuhkan dukungan suara dalam ajang ini.


“Hari ini kita akan mulai voting, jadi selama 2023 kita telah melaksanakan Gernas BBI dan BBWI di 10 provinsi teraktivasi, jadi dari 10 provinsi ini sudah terpilih nominee terbaik dan kita nanti akan melakukan voting untuk memilih, batas waktunya sampai dengan 13 Desember 2023, jadi kita bisa memanfaatkan momen ini untuk bisa memilih yang terbaik dari yang terbaik,” kata Liz.


Ketua Umum idEA, Bima Laga memaparkan 7 aspek penilaian untuk menang dalam ajang ABBI 2023, di antaranya kenaikan transaksi di platform; kearifan lokal; sertifikasi dasar; keahlian digital; pelaporan pembukuan yang komprehensif; dampak dan manfaat kepada sekitar; serta potensi pasar nasional dan global.


Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan suara dukungannya dapat melalui website: https://anugerah.banggabuatanindonesia.co.id/.