MIKROGRAFIK
Sentra Kaos Sablon Terbesar di Bandung
Di Bandung, ada sebuah sentra kaos sablon yang melegenda. Ialah sentra kaos Suci yang berdiri sejak tahun 1977 dan tetap eksis sekarang.
Oleh Rauf Muhammad
09 September 2022 06:43
Sentra kaos Suci sudah berdiri sejak tahun 1977. Awalnya para pengrajin kaos di Suci membuat seragam batik dan seragam olahraga untuk sekolah-sekolah di Kota Bandung.

Seiring dengan perkembangan zaman, para pengrajin kaos Suci mulai membuat kaos sablon bergambar motor Harley Davidson dan Mobil Jeep. Hal itu membuat sentra kaos sablon Suci semakin terkenal di era 1980-1990an.

Pada tahun 2000-2010, sentra kaos Suci mulai membuat kaos band, dan distro pun mulai banyak bermunculan. Inilah puncak kejayaan sentra kaos Suci yang masih bertahan sampai sekarang.

Beberapa produk yang mampu dikerjakan oleh pengrajin di Sentra kaos suci antara lain seragam olahraga, seragam batik, kaos partai, kaos band, dan kaos distro. Di Sentra kaos Suci ada juga yang memproduksi topi dan merchandise lainnya.

Sentra ini terdiri lebih dari 140 rumah produksi yang mampu menyerap 300-400 tenaga kerja. Berdasarkan penuturan ketua Asosiasi Sentra Kaos Suci (SKOCI), Dedi Solehudin, omzet yang berputar di sentra kaos suci berkisar antara Rp. 2,8 miliar per bulannya.
Editor: Ahmad Yunus
Mikrografik Terpopuler
Cari Cuan di Tiktok Yuk!
Inilah Sepeda Lokal Terbaik Buatan Anak Bangsa
Sentra Kaos Sablon Terbesar di Bandung