MIKROGRAFIK
Mengenal Konsep Pentahelix
Pentahelix menjadi konsep kolaborasi yang bisa dilakukan untuk melakukan perubahan sosial. Konsep ini melibatkan banyak elemen masyarakat.
Oleh Rauf Muhammad
07 September 2022 08:51
Elemen masyarakat yang terlibat dalam kolaborasi pentahelix ada lima. Lima elemen itu adalah Academy (Akademisi), Business (Bisnisman), Community (Komunitas), Government (Pemerintah), and Media (Media).

Konsep pentahelix menggabungkan peran akademisi, bisnisman, komunitas, pemerintah, dan media untuk mengembangkan inovasi pengetahuan. Potensi yang berbeda-beda ini bisa bertransformasi menjadi produk maupun jasa yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat.

Peran Setiap Elemen dalam Kolaborasi

1. Akademisi
Dalam konsep pentahelix, akademisi berperan sebagai konseptor yang melakukan penelitian, membantu pengelolaan identifikasi potensi, dan peluang pengembangan. 

2. Bisnisman
Dalam konsep pentahelix, bisnisman dapat berperan menghadirkan infrastruktur teknologi, modal, dan jejaring usaha bagi pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

3. Komunitas
Komunitas berperan sebagai akselerator yang tidak hanya mendukung dengan mempromosikan produk dan layanan yang diproduksi masyarakat, namun juga bertindak sebagai penghubung antar pemangku kepentingan untuk membantu masyarakat dalam keseluruhan proses membangun perubahan sosial.

4. Pemerintah
Dalam menjalankan perannya, pemerintah harus selalu melibatkan semua jenis kegiatannya, seperti perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, promosi, alokasi keuangan, perizinan dan lainnya. Pemerintah juga berperan sebagai koordinator bagi para pemangku kepentingan yang berkontribusi pada perubahan sosial.

5. Media
Media berperan penting dalam membangun brand image dari perubahan sosial yang sedang dibangun dalam masyarakat, sehingga akses informasi mudah didapat. Dengan adanya kemudahan akses informasi, akan mengundang dan menambah kolaborator baru untuk bersama menciptakan perubahan sosial yang berdampak pada masyarakat.
Editor: Ahmad Yunus
Mikrografik Terpopuler
Cari Cuan di Tiktok Yuk!
Inilah Sepeda Lokal Terbaik Buatan Anak Bangsa
Sentra Kaos Sablon Terbesar di Bandung