MIKROGRAFIK
Bangga Ke Gerai UMKM Gara-Gara M Bloc Market
Kolaborasi adalah kunci. M Bloc Market adalah bukti kolaborasi antar lini bisa meningkatkan taraf UMKM nasional.
Oleh Rafqi Sadikin
17 Oktober 2022 04:55
sokoguru.id- Untuk generasi muda, mendengar "gerai UMKM" saja sudah asing. Yang lebih lekat bagi anak muda adalah mini market karena produknya lengkap, fasilitasnya nyaman. Bayangan terkait gerai UMKM seringkali berbatas dan berjarak, karena mesti kita akui, produk UMKM seringnya menjadi pelengkap dari produk-produk lain.

Masalah ini didefinisikan ulang oleh M Bloc Market, atau juga disebut Mini Bloc Market. Dari gempuran produk asing, M Bloc Market membuat mini market yang isinya 70% berasal dari UMKM Indonesia.

Terobosan yang berani dan beresiko ini adalah wujud dari kolaborasi berbagai disiplin para pendirinya. Ada Jurnalis Musik, Wendi Putranto, pebisnis dan produser film Handoko Hendroyono,  musikus Glenn Fredly,arsitek Jacob Gatot Surarjo, sutradara Lance Mengong, dan pebisnis Mario Sugianto.

M Bloc Market didirikan di dalam ekosistem placemaking M Bloc Space, di mana berbagai helatan kreatif dan seni sedang ramai-ramainya di Melawai, Jakarta. Setelah mengapresiasi karya, anak-anak muda ini akan mencari tempat untuk membeli baik penganan ringan ataupun cemilan. Namun jarang kita tengok mereka membeli produk UMKM.

Dengan M Bloc Market, mereka, para pengunjung, anak-anak muda kreatif akan membeli produk lokal ini. Produk-produk yang dikurasi ketat secara izin dan kualitas, juga dievaluasi per-3 bulan.

M Bloc Market mengajarkan kita berbagai hal, mulai dari aktivasi budaya di ruang UMKM, sampai ke narasi yang menghidupinya.

Bukan saja menyediakan penganan ringan, M Bloc Market menyediakan berbagai produk rumah tangga sampai ke appliances lainnya, juga dengan berbagai layanan yang bersaing.
Editor: Ahmad Yunus
Mikrografik Terpopuler
Jalan-Jalan Asyik Bersama Land Rover
Bangga Ke Gerai UMKM Gara-Gara M Bloc Market
ICCN: Sabuk Simpul Ekonomi Kreatif Indonesia