MIKROGRAFIK
Jelantah Bukan Sampah
Jelantah punya sejuta manfaat, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari sampai energi terbarukan.
Oleh Rafqi Sadikin
16 Juni 2022 10:07
Minyak bekas memasak atau biasanya disenut minyak jelantah, selalu dibuang begitu saja ke saluran pembuangam air. Dimana hal itu akan menjadi penyebab pencemaran air yang serius pada lingkungan.

Solusi yang bisa ditiru dari pengolahan limbah bekas minyak adalah dengan membuat sabun. Sabun dari minyak jelantah, dibuat dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, sehingga ketika sabun larut dengan air, akan mereduksi pencemaran air. Sebab, air yang tercemar akan sangat merusak berbagai organisme yang terdapat di dalam air, karena zat-zat beracun yang terdapat dalam minyak jelantah.

Hal tersebut, diulas oleh Katrina Oginawati, Pakar Lingkungan Institus Teknologi Bandung. Ia mengatakan bahwa lapisan minyak yang terdapat pada minyak jelantah akan mengurangi O2 yang masuk ke permukaan air, sehingga air yang seharusnya jernih justru kekurangan oksigen bagi makhluk hidup di dalamnya.

Terdapat manfaat yang terkandung dalam sabun olahan minyak jelantah ini, salah satu khasiatnya dapat membasmi kotoran membandel.
Editor: Ahmad Yunus
Mikrografik Terpopuler
Demam Tinggi Harga Cabai
Jelantah Bukan Sampah
Kelor, Penangkal Penyakit Horor