BERITA
Wuddan: Ada Program Berkelanjutan untuk UMKM Sumedang
Wuddan Lukmanul Hakim, Kepala Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan, Menengah, Diskop UKMPP Kab. Sumedang, mengatakan bahwa program berkelanjutan untuk UMKM akan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar UMKM bisa terus mendapatkan pasar.
OlehRauf Muhammad
11 Agustus 2022 00:37
featured image
Wuddan Lukmanul Hakim saat menanggapi talkshow di Gedung Kesenian Sumedang

sokoguru.id—Kegiatan Sumedang UMKM Expo & Gelar Budaya 2022 telah menjawab kerinduan pelaku UMKM Sumedang kepada acara expo. Di acara expo ini, semua pelaku UMKM bisa memamerkan sekaligus menjual produk unggulan masing-masing. Tetapi kegiatan Sumedang UMKM Expo & Gelar Budaya 2022 ini merupakan kegiatan temporer yang dihelat sejak 29 Juli hingga 14 Agustus 2022.

Wuddan Lukmanul Hakim, Kepala Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan, Menengah, Diskop UKMPP Kab. Sumedang, mengatakan jika ini merupakan langkah awal untuk program berkelanjutan. Program berkelanjutan ini akan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar UMKM bisa terus mendapatkan pasar.

“Setelah event ini selesai harus berkelanjutan. Ada program kolaborasi dengan pelaku seni budaya, dengan BUMDes. Karena UMKM jika ada kegiatan keramaian pasti berjualan,” ungkap Wuddan.

Salah satu kendala UMKM adalah tidak adanya tempat untuk berjualan. Beberapa pelaku UMKM juga hanya fokus kepada produksi, dan belum memaksimalkan upaya promosi. Sehingga kegiatan-kegiatan kolaborasi akan mendukung pergerakan UMKM agar terus mendapatkan pasar.

“Setelah ini program yang akan digelar adalah kegiatan expo UMKM dan seni budaya di tingkat kecamatan. Yang sudah terjadwal itu ada dari kecamatan Darmaraja, Sumedang Utara, Sumedang Selatan, dan Tanjungsari,” pungkas Wuddan. 

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus