BERITA
Tips Hadapi Resesi Ekonomi Buat Para Pebisnis
Resesi ekonomi diramalkan akan terjadi pada tahun 2023 mendatang. Salah satu dampaknya adalah kemerosotan daya beli masyarakat. Bagaimana seharusnya para pebisnis menanggapi resesi ini?
OlehRauf Muhammad
23 November 2022 06:44
featured image
Ilustrasi Resesi. Sumber: freepik.com

sokoguru.id—Salah satu hal yang akan terjadi dalam resesi ekonomi adalah merosotnya daya beli masyarakat. Masyarakat akan lebih selektif dalam pengeluaran, dan lebih berfokus kepada pemenuhan kebutuhan mendasar saja.

CEO Populix, Dr. Timothy Astandu, membagikan beberapa tips menghadapi resesi ekonomi bagi para pebisnis. Di antaranya adalah meriset pasar, mencari banyak pemasok, mengefisienkan anggaran, serta menyiapkan dana darurat.

Meriset Pasar

Pebisnis harus mampu melihat bagaimana selektifnya masyarakat terhadap pengeluaran mereka. Pebisnis harus sesegera mungkin melakukan riset pasar kembali untuk melihat peluang kebutuhan masyarakat. Riset pasar akan memberikan insight terkait minat masyarakat, produk dan tren yang berkembang di masyarakat.

Mencari Banyak Pemasok

Pasokan barang dan bahan baku juga akan terdampak resesi ekonomi. Sehingga ada kemungkinan biaya bahan baku bisa naik berkali-kali lipat. Para pebisnis mesti memiliki banyak pemasok untuk mengamankan ketersediaan bahan baku, agar usaha bisa terus berjalan.

Mengefisienkan Anggaran

Biaya besar yang dianggarkan untuk biaya pemasaran bisa diefisiensikan. Pemasaran digital bisa dimaksimalkan untuk menggaet generasi milenial. Anggaran bisa dimaksimalkan dengan membayar influencer untuk mempromosikan produk ke generasi milenial.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat bisnis diperlukan untuk mengatasi kondisi inflasi, membayar gaji karyawan, hingga cicilan dan utang-utang. Dana darurat ini mesti terpisah dari dana darurat pribadi, sehingga kelangsungan bisnis bisa terus terjaga.

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus