BERITA
Tantangan Pelaku Minuman Teh: Teh berkualitas Bagus, Justru diekspor
Banyak jenis teh di Indonesia yang tercatat sebagai teh dengan grade tinggi, ditetapkan sebagai salah satu komoditi untuk keperluan ekspor. Hal tersebut adalah tantangan nyata bagi pecinta teh yang menginginkan teh dengan kualitas baik dari Indonesia.
OlehSalsabilla Ramadhanty
22 November 2022 17:01
featured image
sumber: CNN Indonesia

Sokoguru.id - Berbagai jenis minuan teh, kini sedang berkembang di kalangan masyarakat. Bahkan eksistensi produk teh berkualitas justru sedang dicari oleh masyarakat saat ini.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana mendapatkan produk teh yang berkualitas atau pun dimana bisa mendapatkan teh dengan kualitas premium tersebut.

Teh sendiri memiliki tingkat atau grade kualitas nya sendiri. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Founder and Owner Pasarteh, Gitta A. Badruddin. Itulah yang dapat menentukan jenis teh berkualitas atau tidak.

"Teh itu kan ada grade-grade nya ya ada gradasi kualitasnya. Nah teh-teh kemasan itu masuknya ke grade rendah. Sedangkan untuk orang-orang pecinta teh, mereka mencari produk teh yang berkualitas baik, bukan yang seperti itu (teh kemasan)," jelas Gitta pada Kamis, 17 November 2022.

Kemudian ia juga mengatakan, bahwa masih banyak bahan baku teh di Indonesia dengan grade bagu, justru dijadikan salah satu komoditi untuk diekspor.

"Tanda kutipnya, yang tersisa di Indonesia kebanyakan hanya yang grade-grade tehnya rendah. Jadi yang berkualitas bagus dijadikan produk ekspor," tambahnya.

Dari paparannya tersebut, dapat disimpulkan bahwa itu menjadi suatu tantangan tersendiri untuk para pecinta teh.

Mereka yang ingin mengaplikasikan skill-nya setelah mengikuti kelas teh, atau pun mereka yang sedang merintis usaha teh, memiliki kesulitan mendapatkan teh dengan kualitas yang baik.

Dari tantangan itulah, tercetuslah Pasarteh sebagai solusi bagi pecinta teh untuk mendapatkan teh dengan kualitas terbaik.

"Akhirnya kita berinisiatif untuk membuat Pasarteh ini. Seperti namanya, ya bukan secara fisik ya, tapi kami menjadi pasar atau tempat di mana orang bisa mendapakan teh-teh dari berbagai macam kebun di Indonesia yang sudah terkurasi," jelasnya.

Proses kurasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan teh pilihan yang memiliki kualitas bagus serta dapat digunakan untuk dijual kembali atau dapat menjadi bahan racikan minuman.

Pasarteh sendiri mempunyai akses langsung ke perkebunan teh di Indonesia sebagai mitra yang akan menjual hasil kebunnya kepada Pasarteh.

"Sedangkan, masyarakat umum tidak memiliki akses langsung untuk membeli teh dari kebun. Mereka hanya melayani pembelian dengan jumlah besar hingga ratusan kilo," ucap Gitta.

Ia juga memnyampaikan bahwa hal tersebut terjadi karena dari pihak perkebunan sendiri biasanya tidak memiliki divisi untuk mengurus sistem retail.

Walaupun Pasarteh sendiri menyediakan teh dengan grade yang tinggi, bukan berarti Pasarteh sendiri tidak menyediakan teh dengan kualitas rendah. Gitta juga menegaskan bahwa teh dengan Grade rendah bukan berarti teh tersebut buruk.

"Jadi teh grade rendah itu bukan berarti buruk ya. Tapi dari bentuknya, semakin rendah grade nya bentuknya akan semakin halus. Jadi kami pun juga menyediakan teh grade rendah, tapi dengan kualitas yang bagus," tegas Gitta.

Gitta juga mengatakan, jika teh dengan grade rendah tetap diperlukan, khususnya untuk masyarakat yang memiliki usaha kedai. Karena teh grade rendah biasanya sangat diperlukan sebagai bahan racikan bersama teh lainnya.

Harapan adanya Pasarteh ini sebagai salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan teh untuk para pecinta teh, termasuk para pegiat usaha teh lain yang mencari bahan baku berkualitas.

Editor Sokoguru: Nuari Hadian