Apa yang terjadi kalau komik legendaris Crayon Sinchan dan komik lokal Tahilalats Bersatu dalam kolaborasi? Dan bagaimana kalau kolaborasi ini melibatkan UMKM asli Cibaduyut?
Helena Irma K selaku Regional Director Animation International Indonesia mengatakan, “kesamaan DNA dalam segi humor dan pasar membuat Crayon Sinchan dan Tahilalats bersemangat untuk melakukan kerja sana ini dan ditambah dalam rangka perayaan 30 tahun Anniversaty of Sinchan. Dan khusus untuk perayaan tahun ini kita igin menampilkan sesuatu yang berbeda.”
“Tahilalats dan Crayon Sinchan akan meluncurkan rangkaian kolaborasi untuk memuaskan penggemar dan kerinduan akan karakter Crayon Sinchan” tambahnya.
Kolaborasi ini meliputi konten special di media social dan juga merch yang menggandeng 15 merk ternama di Indonesia. Salah satunya adalah LAF Project, brand sandal dan sepatu asli Cibaduyut yang laris di pasaran marketplace Indonesia.
Kolaborasi dengan LAF Project
Yusuf Sahroni, owner LAF Project yang punya rekam jejak luar biasa di marketplace, salah satunya di tokopedia yang kemudian menawarkannya untuk menjadi kolaborator dalam proyek langka ini. Brand sepatu dan sandal asli Indonesia yang membawa semangat baru dari sentra sandal dan sepatu di Cibaduyut.
Setelah kurasi dan proses riset produk yang panjang, akhirnya LAF merilis produk kolaborasi dengan Sinchan x Tahilalats di akun marketplace LAF project yang bisa juga ditengok pada Instagram LAF Project.
Kolaborasi LAF yang berlinsensi ini menghadirkan produk limited edition, sehingga hanya akan diproduksi untuk di tahun ini saja, menjadikan produk ini khusus untuk para kolektor dan nostalgia pecinta komik dan animasi lokal, juga sekaligus mendukung industry kreatif kita.
Sandal seri ini hadir dalam 3 varian; Sinchan, Pahlawan Bertopeng dan Snack Sinchan. Warna dari sendal ini mengingatkan kita kepada karakter satu ini, warna khas dari Sinchan yang colourful, senada dengan mode fesyen hari ini yang long-lasting. Lengkap dengan packaging yang apik dan warna khas yang membuat kita tak pernah lupa.
Bagi LAF sendiri, pewarnaan ini jadi terobosan baru. Yang khas dari LAF sebelumnya adalah produk dengan nuansa monokrom. Tetapi dari pasar sandal Sinchan ini, LAFpun menghadirkan seri warna dari produknya, sehingga pelanggan akan selalu punya opsi untuk sandal LAF yang juara di berbagai marketplace.
Kontruksi sandal ini sesuai dengan prinsip Yusuf Sahroni, ketika memijakan kaki, harus terasa seperti menginjak karpet bioskop. Lembut, empuk dan ringan. Kenyamanan, gaya yang bold dan trendi adalah identitas produk ini. Selain itu juga akan hadir untuk ukuran anak-anak yang cocok sebagai hadiah untuk momen lebaran nanti
Kolaborasi Tahilalats dan Crayon Sinchan
Crayon Shinchan telah tayang di TV Asahi sejak 1992 hingga sekarang, dengan lebih dari 1.000 episode. Anime ini juga telah diisi suara ke lebih 30 bahasa dan ditayangkan di 45 negara. Sementara itu, manga-nya terbit sejak Agustus 1990 sampai Februari 2010 sebanyak 50 volume, setelah kematian sang mangaka–Usui Yoshito–pada 11 September 2009.
Tak kalah dari situ, Tahilalats punya perjalanan panjang di ranah komik strip Indonesia. Nurfadli Mursyid, sang kreator, mulai mengunggah Tahilalats ke Instagram pada 2014. Kemudian, pada Oktober 2015, Tahilalats terbit di Line Webtoon hingga Juli 2019. Komedinya yang relate dengan para pembacanya serta karakter-karakter unik dengan kelakuan yang sering bikin geleng-geleng kepala membuat komiknya selalu ditunggu.
Popularitas Tahilalats sebagai komik strip yang unik ternyata sudah dikenal hingga ke luar negeri. Bahkan, Tahilalats memiliki dua akun Instagram versi global dalam Bahasa Inggris (@tahilalats.en), dan versi Mandarin (@tahilalats.cn).
popularitas Tahilalats pun “tercium” oleh band internasional, Coldplay. Pada Mei 2021, Tahilalats berkesempatan membuat komik yang bertepatan dengan rilisnya single terbaru Coldplay, Higher Power.
Tak lama setelah itu, Tahilalats berkesempatan kolaborasi kembali dengan Coldplay, yang tengah kolaborasi dengan boy group asal Korea Selatan, BTS, pada September 2021. Menggunakan latar gambar berwarna ungu, komik tersebut dibuat untuk memperkenalkan single terbaru BTS x Coldplay, My Universe.